Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

By

aktivasi office 2016 gratis permanen

Microsoft word, excel, powerpoint, dan masih banyak lagi lainnya merupakan satu kesatuan yang tergabung ke dalam satu paket bernama Microsoft Office.

Semuanya pasti pernah digunakan dalam pembuatan dokumen atau presentasi, Microsoft word digunakan untuk mengolah kata, microsoft excel digunakan untuk mengolah angka, microsoft powerpoint digunakan untuk mengolah ppt dan lain sebagainya.

Microsoft Office yang biasa kita gunakan dalam membuat dokumen, seperti mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan, dan lain – lain versinya pun bermacam – macam mulai dari Microsoft office 2003 hingga kini yang terbaru adalah Microsoft office 2019.

Microsoft office yang terbaru adalah tahun 2019 namun tidak menjamin bahwa pengeluaran terbaru fiturnya terbaik juga. Justru fitur dari Microsoft office 2016 lebih banyak diminati daripada versi 2019 nya. Hal ini karena ada beberapa fitur unggulan yang hanya dimiliki oleh versi 2016 saja.

Alasan Microsoft Office 2016 Harus Di Aktivasi

Namun jika kita ingin menggunakan Microsoft office secara full akses kita perlu melakukan aktivasi. Jika kalian sudah selesai dalam menginstall Microsoft office 2016 jangan lupa untuk di aktivasi ya.

Sebenarnya bisa saja jika tidak di aktivasi, namun jika kita melakukan aktivasi itu lebih baik supaya saat kita sedang melakukan pekerjaan dengan Microsoft office yang kita miliki tidak akan terjadi gangguan.

Perlunya aktivasi disebabkan karena jika Microsoft office tidak di aktivasi, maka bisa menyebabkan beberapa masalah akan muncul. Contohnya saja jika kita membuka aplikasi Microsoft office 2016 seringkali muncul jendela aktivasi yang menyuruh untuk memasukan produk key.

Dan contoh lain adalah ketika kita sudah membuat dokumen dan kita kembali membuka dokumen itu kemudian melakukan sedikit perubahan, seringkali justru tidak tersimpan.

Selain jendela yang menyuruh kita melakukan aktivasi, hal lain adalah seringnya munculnya product notice yang memberi informasi dan menyuruh kita untuk mengaktivasi karena produk kita tidak di aktivasi.

Metode Aktivasi Office 2016

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan cara aktivasi office 2016 permanen, yang pertama adalah menggunakan product key (tanpa menggunakan aplikasi tambahan) dan dengan menggunakan aplikasi tambahan (jika kalian tidak punya product key).

Jika kalian sudah memiliki product key, jika muncul jendela aktivasi yang meminta memasukan product key, tinggal masukan saja product key tersebut ke dalam kotak untuk memasukannya.

Apabila tidak memiliki serial atau product key, maka kalian menggunakan cara yang kedua yakni menggunakan aplikasi tambahan, tapi jangan khawatir.

Walaupun cara ini tidak menggunakan product key namun tetap saja bisa aktif secara permanen. Caranya adalah kita menggunakan software office 2016 versi aktivator.

Nah langsung saja berikut akan kami jelaskan mengenai cara aktivasi office 2016 dengan aplikasi secara permanen tanpa menggunakan product key. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 tanpa Aplikasi

Jika kalian memang tidak memiliki product key maka hal yang dapat dilakukan adalah melakukan aktivasi dengan menggunakan KMS Activator. Ada tiga cara yang akan kita jelaskan dibawah ini.

  1. Buka salah Word atau Excel
  2. Kemudian klik tombol Activate untuk Aktivasi.
  3. Lalu klik enter product key, kalian masukan digit product key yang dimiliki
  4. Lalu klik continue.
  5. Kemudian pilih tombol reedem online dan masuk menggunakan akun microsoft kalian.
  6. Selanjutnya klik finish activation dan selamat aktivasi office 2016 telah berhasil.

Perlu diingat bahwa sebelum kita melakukan aktivasi hal yang tidak boleh terlupakan adalah untuk mematikan antivirus sementara terlebih dahulu.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya aktivasi akan berjalan dengan lancar. Karena bagi antivirus sebuah aktivator akan dijadikan sebagai sebuah ancaman.

Jika kalian menggunakan antivirus kecuali windows defender maka hal yang perlu diperhatikan adalah mematikan fitur real-time scan yang ada.

Jika menggunakan antivirus Windows Defender maka hal yang perlu dilakukan adalah mematikan windows defender fitur real-time protection pada windows defender tersebut.

Nah langsung saja berikut saya akan memberikan tiga cara mengaktifkan office 2016 permanen, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Aktivasi Office 2016 dengan KMS

KMS Pico merupakan tools aktivator seperti tools yang digunakan pada cara aktivasi microsoft office 2016 secara permanen.

KMS Pico lebih populer dan lebih familiar dibandingkan dengan tools yang lainnya. Cara penggunannya pun cukup mudah.

Info: wajib matikan antivirus, kalian bisa mematikan antivirus smadav. Windows defender dan antivirus lain yang terinstall di pc anda.

1. Download KMS Pico

caranya yang pertama tentunya harus pastikan terlebih dahulu, kalian sudah menginstall tools nya atau belum.

Jika belum silahkan download software KMS Pico nya terlebih dahulu untuk memulai proses aktivasi. Password Zipnya : 12345

2. Ekstrak File

Jika sudah di download langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah ekstrak file KMS Pico tadi yang formatnya masih dalam bentuk zip.

3. Jalankan File

Setelah di ekstrak bukalah foldernya kemudian temukan file KMSPico. Jalankan file yang bernama KMSPico.exe sebagai administrator dengan cara ( Run as administrator ).

cara aktivasi microsoft word 2016 7

4. Tunggu Proses Instalasi

Jika sudah maka akan muncul jendela dari Extracting yang menandakan bahwa proses dari aktivasi sedang berlangsung, selama proses aktivasi belum selesai maka jendelanya tidak akan tertutup.

Jendela akan tertutup apabila proses aktivasi sudah selesai. Tunggulah sampai jendela nya hilang maka Microsoft office 2016 milik kalian sudah di aktivasi.

Cara Aktivasi Office 2016 dengan CMD

Langkah disini sangat mudah untuk kita coba, anda bisa mengaktivasi microsoft office dengan cmd secara permanen, berikut langkahnya.

1. Buka Notepad

Silahkan buka aplikasi notepad di laptop dengan cari notepad > klik notepad untuk membukanya.

2. Salin Script

Lalu buka script berikut lalu saling scriptnya (CTRL+A dan CTRL+C), script ini berfungsi supaya dapat mengaktivasi office dengan cmd.

3. Masukan File

aktivasi office dengan cmd

Setelah menyalin kalian bisa paste ke notepad dengan menekan CTRL+V. Maka akan seperti gambar diatas.

4. Simpan File

aktivasi office dengan cmd

Langkah selanjutnya klik file > save as. Kalian pada kolom save as type pilih All Files. Dan untuk nama kalian bisa atur ke aktivasi-office.cmd. Dan klik save.

5. Jalankan Script

Proses terakhir adalah tinggal menjalan kan scriptnya, klik kanan > Run as Administrator.

Tunggu prosesnya sampai selesai, pada cara aktivasi office dengan cmd dengan mudah. Karena tanpa aplikasi apapun.

Cara Aktivasi Office 2016 Permanen

Sedikit penjelasan mengenai KMS Office 2019 bahwa software ini adalah gratis dan sering disebut dengan Office 2013-2019 C2R Install atau bisa juga OInstall. Dan cara penggunannya pun cukup mudah, berikut adalah caranya.

1. Download Aplikasi Oinstall

Yang pertama harus dialkukan adalah tentunya harus memiliki Oinstall yang sudah terinstall pada harddisk di laptop kalian.

Jika kalian belum memiliki software ini, silahkan download software Oinstall dahulu. Password Zipnya: 12345.

2. Ekstrak File Zip

Jika sudah terdownload, kalian ekstrak saja Oinstall tadi. Kalian bisa menggunakan winrar, winzip atau aplikasi sejenisnya.

3. Jalankan Aplikasi

Selanjutnya buka folder hasil dari ekstrak tadi dan didalamnya pasti kalian akan menemukan file serta folder OInstall.exe kemudian Klik Kanan > Run as administrator.

cara aktivasi microsoft word 2016 1

Jika langkah diatas sudah dilakukan kemudian akan muncul jendela KMS Office 2019 seperti berikut, secara default atau otomatis kalian akan berada menu Main Window kalian pilih ke Utilities saja.

4. Lakukan Aktivasi

Setelah itu pada bagian checkbox “Office reactivation task” berikan tanda centang. Lalu pilih dan klik button diawahnya yang bertuliskan “Office RETAIL => VL”.

Gunanya hal tersebut adalah untuk melakukan konversi dari Office 2016 biasa menjadi volume license.

cara aktivasi microsoft word 2016 2

5. Tunggu Proses Aktivasi

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah menunggu proses aktivasi sampai muncul keterangan “Completed” yang berarti berhasil. Tapi jangan senang terlebih dahulu, karena aktivasi belum finish.

6. Ijinkan Windows Firewall

Langkah selanjutnya adalah pilih dan klik Activate Office, inilah hal utama yang mana akan dimulainya proses aktivasi dari Microsoft Office 2016.

Akan muncul jendela seperti berikut dalam masa aktivasi, jendela Windows Security Alert dengan nama KMS emulator by Ratiborus, silahkan kalian pilih dan klik ke Allow Access.

cara aktivasi microsoft word 2016 3

7. Menunggu Pemasangan Selesai

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menunggu proses aktivasi sampai selesai, jika prosesnya sudah selesai tandanya adalah akan muncul keterangan Product activation succesfull yang menandakan proses telah selesai dan sudah di aktivasi.

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, proses aktivasi sudah berhasil, silahkan kalian buka Microsoft Office 2016 nya dan tutup jendela KMS Office 2019 nya. Dan office nya siap digunakan.

Cara Aktivasi Office 2016 dengan KMS Auto Lite

Cara ini sama seperti sebelumnya yaitu bisa dilakukan untuk aktivasi office 2016 secara permanen dan tanpa menggunakan product key atau serial number.

Langkah ini pun bisa dilakukan secara gratis dan tidak berbayar. Langsung saja caranya adalah sebagai berikut.

1. Download Aplikasi KMS Auto Lite

Yang pertama tentunya pastikan terlebih dahulu apakah KMS Auto Lite nya sudah terpasang di laptop kalian atau belum.

Jika belum memiliki aplikasinya maka kalian download saja terlebih dahulu KMS Auto Lite nya.

2. Ekstrak File

Setelah terdownload hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah ekstrak file KMS Auto Lite itu tadi karena pasti kondisi file nya masih dalam bentuk format zip.

3. Buka Aplikasi

Setelah selesai dalam proses ektrak selanjutnya adalah buka folder hasil ekstrak itu tadi.

Dan ketika dibuka kalian pasti akan menemukan dua file yaitu KMSAuto dan KMSAuto X64.

Kalian tidak akan mungkin menjalan kedua aplikasinya karena pembedanya hanya di versi 32 bit atau 64 bit.

Jika laptop kalian 32 bit maka pilih KMSAuto dan jika laptop kalian 64 bit pilihkan KMSAuto X64 kemudian Klik Kanan > Run as Administrator.

cara aktivasi microsoft word 2016 4

4. Pengaturan Tools

Lalu akan muncul jendela seperti berikut, namanya adalah jendela KMS Auto Lite.

Silahkan kalian pilih tab Tools kemudian berikan tanda ceklis di checkbox yang bertuliskan “Convert Office 2010/2013/2016 RETAIL => VL”.

cara aktivasi microsoft word 2016 5

5. Mulai Aktivasi

Jika cara diatas sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah pergi ke halamn utama kembali dengan cara klik menu Main Window, lalu pilih Install GVLK, kemudian berikan tanda ceklis pada Forcibly.

Setelah itu klik button Office key diatasnya hal ini berfungsi untuk memasang produk key office.

cara aktivasi microsoft word 2016 6

6. Tunggu Proses Aktivasi

Jika caranya berhasil maka akan muncul notif keterangan KEY INSTALLED SUCCESFULL di layar yang berwarna biru, selanjutnya klik Activation Office yang gunanya untuk mengaktifkan Microsoft Office 2013 atau 2016 yang kalian gunakan.

Tunggulah, jika proses aktivasi telah selesai dan berhasil akan muncul keterangan “Activation Succesfull”.

Untuk lebih meyakinkan, jika kalian ingin mengecek status aktivasi bisa dengan membuka salah satu produk Microsoft office yang kalian miliki kemudian klik File pilih ke Account.

Dan lihat di bagian product information akan berisi keterangan mengenai Product Activated yyang memiliki arti bahwa produkk yang kalian miliki sudah di aktivasi.

Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Ms Toolkit

Pada pembahasan yang terakhir dan bisa kalian coba, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama microsoft toolkit, berikut langkah-langkahnya.

1. Download Ms Toolkit

Langkah pertama bisa kalain coba untuk download ms toolkit terlebih dahulu, linknya dibawah ini.

2. Ektrak File

Lalu kalain dapat ekstrak file dan sesuaikan foldernya, kalian bisa memakai aplikasi winrar atau win7zip.

3. Buka Aplikasi

aktivasi office 2016 dengan ms toolkit

Langkah berikutnya buka file klik kanan > run as administrator, Lalu anda bisa klik logo windows yang ada pada aplikasi.

4. Jalankan Aktivasi

aktivasi office 2016 dengan ms toolkit

Kemudian klik Ez-Activator, dan tunggu prosesnya sampai selesai hingga aktivasi berhasil. Seperti pada gambar diatas.

Kesimpulan

Jika kita simak dari penjelasan awal sampai ini, cara ini tergolong cara yang paling mudah dibandingkan dengan cara yang lainnya. Hal ini karena memang cara ini merupakan cara yang paling simple diantara yang lain.

Bagi kalian yang sibuk dengan pekerjaan atau sedang buru – buru mengerjakan suatu hal tetapi tiba – tiba muncul jendela untuk melakukan aktivasi.

Maka cara ini adalah cara yang paling tepat dan paling efisien untuk dilakukan karena tidak menyita banyak waktu, banyak cara, dan tentunya paling simple sehingga kalian akan langsung dapat meneruskan pekerjaan kalian yang sedang buru – buru tadi.

Akhir Kata

Pastikan kalian sudah mematikan update windows, supaya teraktivasi secara permanen. Demikianlah artikel mengenai Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 Permanen Tanpa Product Key, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian khususnya dalam bidang aktivasi office.

Semoga artikel ini bermanfaat, karena seperti yang kita tahu untuk mendapatkan product key atau serial number membutuhkan biaya yang sangat banyak dan tidak sedikit, sehingga cara ini bisa digunakan sebagai alternatif agar kita tetap bisa menggunakan produk dari microsoft office.


Hanif Pramono Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *