Buat Website Toko Online

By Hanif Pramono -

Berjualan di marketplace memang bisa menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan. Namun, tidak selamanya penjualan bisa berjalan lancar, karena marketplace adalah tempat berkumpul para pedagang yang menjual produk serupa dan itu membuat kamu memiliki banyak pesaing.

Sulit membuat sebuah produk menjadi tampak menonjol dibandingkan produk lainnya. Kamu bisa mengatasi hal itu dengan cara membuat website toko online sendiri.

Menggunakan website sendiri akan membuat kamu lebih mudah dalam mencari pelanggan. Sehingga mereka mengenali produk kamu secara lebih detail. Kamu ingin tahu lebih jauh lagi tentang hal yang berkaitan dengan toko online? Simak ini.

Penyebab Bisnis di Marketplace Susah Berkembang

Marketplace memang bisa kamu jadikan sebagai salah satu strategi marketing dalam mencari pelanggan. Hanya saja harus mengetahui bagaimana kondisi pemasaran kompetitor.

Itu membuat persaingan menjadi lebih sulit tentunya dalam menarik minat pelanggan untuk membeli produk, karena jumlah kompetitor bisa ratusan. Alasan lain mengapa bisnis susah berkembang di marketplace:

  • Konsumen sulit mencari produk melalui mesin penelusuran.
  • Brand susah diingat maupun dikenali oleh konsumen.
  • Sulit mendapatkan kepercayaan pelanggan
  • Konsumen memiliki banyak pilihan produk, sehingga peluang untuk dibeli oleh konsumen menjadi lebih sedikit.

Kamu harus segera beranjak ke strategi lainnya jika tidak ingin penjualan segitu saja. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat website toko online sendiri.

Mengapa Membuat Website Toko Online Perlu?

Persaingan bisnis saat ini semakin ketat, karena jumlah populasi meningkat dan keinginan orang untuk bekerja wirausaha semakin tinggi.

Alhasil, kamu harus terus mencari strategi khusus untuk memenangkan kompetisi dalam menarik perhatian pelanggan, termasuk dengan jalan membuat toko online sendiri. Ada banyak alasan mengapa toko online membantu penjualan produk kamu:

  • Kemudahan dalam mencari produk di website setiap kali konsumen menelusuri informasi berkaitan dengan produk tersebut.
  • Memiliki kekuatan branding lebih tinggi.
  • Lebih dipercaya oleh pelanggan ketika suatu seller memiliki website sendiri.
  • Pilihan produk hanya berupa apa yang kamu jual saja, sehingga menaikkan peluang konsumen dalam membeli suatu produk.

Yakin Harus Pakai Website Sendiri untuk Menaikkan Penjualan?

Kamu masih ragu untuk mengeluarkan budget guna memiliki website sendiri. Perlu kamu pahami tentang beberapa fakta yang berkaitan dengan website toko online berdasarkan riset Verisign berikut.

Hanya 51% dari bisnis kecil yang memiliki website, padahal hampir 97% konsumen mencari produk melalui online. Ketika suatu seller tidak memiliki website, maka ia mungkin saja melewatkan banyak kesempatan dan momen ketika konsumen benar-benar ingin membeli suatu barang secara online.

Berdasarkan survei yang dilakukan di bisnis kecil di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebuah website adalah tempat yang baik untuk mencari konsumen baru. Bahkan, kamu tidak hanya akan bisa mendapatkan konsumen baru, tetapi juga memberikan layanan kepada konsumen yang sudah ada saat ini.

Kamu akan bisa melakukan update informasi maupun promosi selama 24 jam setiap harinya. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan konsumen secara lebih mudah. Komunikasi kepada konsumen harus terus dijalin demi menjaga penjualan yang sudah ada sekarang ini, agar tetap melakukan repeat order.

Sebagian besar pelaku bisnis sudah berhasil membangun kredibilitas brand produknya dengan menggunakan website. Ini sudah dilakukan setidaknya 65% pebisnis yang ada di Amerika Serikat.

Hosting Mana yang Cocok untuk Toko Online?

Kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih provider hosting murah untuk website, karena itu akan berpengaruh terhadap seberapa besar website kamu dapat menarik minat pengunjung ke website.

Itu memerlukan layanan provider yang berkualitas dan fitur memadai yang disediakan oleh provider. Hanya DomaiNesia saja yang dapat memenuhi keperluan kamu dalam hal toko online.

Salah satu paket yang sesuai untuk toko online kamu adalah Paket Super. Paket tersebut memungkinkan pengunjung ke website maksimal dengan jumlah 2000 setiap harinya.

Selain itu, paket tersebut menyediakan banyak sekali fitur pendukung performa website toko online yang baik. Penasaran dengan apa saja fitur tersebut, maka kamu dapat simak berikut ini.

  1. Fitur Hosting Pada Paket Super DomaiNesia, CPU yang disediakan adalah sebesar 1 GHz. Sedangkan RAM yang bisa dimanfaatkan konsumen pada paket ini sebesar 768 Mb. Penyimpanan data pada website bisa sampai dengan 2 GB. Kemudian, bandwidth, inodes, dan VMEM semuanya sudah unlimited. Sedangkan PMEM adalah 769 Mb. Kecepatan untuk mengakses website berupa IO dan IOPS sudah sebesar 76800 kBps.
  2. Paket Super memungkinkan untuk menggunakan cached instance, WordPress accelerator, dan akses SSH, sehingga berbeda dari Paket Extra yang belum bisa memanfaatkan ketiganya. Kamu yang berlangganan paket hosting ini bisa mendapatkan gratis domain khusus.
  3. Fitur Keamanan Website toko online sudah pasti perlu perlindungan berlapis untuk mencegah serangan malware dari hacker. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem keamanan berlapis. Demi menjaga keamanan website seluruh konsumen DomaiNesia, digunakanlah CloudFlare, Railgun, Patchman Security, Anti-Virus, Bit Ninja Security, dan lain sebagainya.
Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Oleh Danang Febriyandra
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Oleh Danang Febriyandra
Tips Memilih Domain yang Tepat
Tips Memilih Domain yang Tepat
Oleh Hanif Pramono
Aplikasi Kasir Online
Aplikasi Kasir Online
Oleh Hanif Pramono
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *