Bahaya Software Bajakan

By Mochamad Alif Prayogo -

Tentunya kalian sudah tidak asing dengan Software Bajakan, atau bahkan mungkin kalian salah satu pengguna dari software atau aplikasi bajakan ini.

Jika kalian termasuk salah satunya, maka kalian harus berhati-hati karena mungkin ada konsekuensi yang harus kalian tanggung. Kenapa? Karena software bajakan ini sudah dimodifikasi sehingga bisa saja diselipi oleh virus berbahaya.

Karena itulah, jika mungkin sebaiknya jangan gunakan software bajakan. Gunakan saja software gratisan yang memiliki fungsi serupa. Hal ini karena ada beberapa bahaya ketika menggunakan software bajakan ini.

Bahaya Menggunakan Software Bajakan

bahaya menggunakan software bajakan

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang bahaya dari menggunakan software bajakan solusi yang bisa kalian terapkan. Saya akan mengulas lebih jauh tentang seberapa bahaya dampak dari menggunakan software bajakan.

Saya rasa untuk keuntungannya sudah tidak perlu saya jelaskan lagi yah, salah satunya adalah gratis. Jadi kita bisa menggunakan software tersebut tanpa perlu membayar, Sedangkan untuk kerugiannya bisa kalian lihat di bawah ini.

1. Tidak Bisa Diupdate

Kita tidak akan mendapatkan update aplikasi dari pengembang, update tersebut meliputi penambahan fitur baru dan pembenahan bug yang ada pada versi sebelumnya.

2. Data Hilang

Silahkan kalian pikirkan dengan baik, apa keuntungan dari orang yang membuat patch / crack / apk-cracked? Padahal untuk membuat sebuah crack tidaklah mudah, membuat sebuah crack sangatlah sulit tidak semudah kita mengupload software crack tersebut ke internet.

Banyak orang yang menggunakan software bajakan tidak memikirkan sampai ke sini. Keuntungan dari orang yang membuat crack tersebut yang paling berbahaya adalah dia sudah sukses dalam menempatkan celah / backdoor pada perangkat yang kalian gunakan.

Oleh karena itu mereka bsa dengan mudah mengambil data-data penting atau memerintahkan perangkat kalian untuk mengeksekusi perintah ternetu. Kalian bisa mencari di google menggunakan kata kunci “Hacking android with apk file backdoor”.

Itlah alasan mengapa kadang saat kalian akan menginstall software bajakan mengharuskan kalian mematikan antivirus kalian. Jika tidak berbahaya tidak mungkin terdeteksi antivirus, karena harus mematikan antivirus sudah jelas bahwa itu softwar berbahaya.

3. Terdapat Cacat

Karena sistem komputer itu sangat kompleks dan rumit, karena itulah dalam satu aplikasi saja ada banyak sekali kode-kode yang digunakan. Jika kalian menggunakan aplikasi bajakan, tidak ada yang menjamin apa saja yang ada dalam aplikasi tersebut.

Dan juga tidak menutup kemungkinan bahwa software tersebut memiliki kecacatan. Cacat pada software ini juga bisa merusak komputer kalian, jadi kalian harus berhati-hati karena error pada software bajakan yang tidak terdeteksi.

4. Terselip Virus di Dalamnya

Setiap komputer tidak ada yang bisa 100% terbebas dari virus. Komputer bisa terkena virus lewat berbagai cara seperti perpindahan dari satu komputer ke komputer lain. Virus ini dapat berpindah dengan mudah lewat flashdisk sehingga sangat mudah menginfeksi komputer lain.

Nah, bisa juga virus ini berasal dari software bajakan yang kalian gunakan. Virus yang dibawa dalam software bajakan bisa menyebabkan hilangnya data pada komputer kalian dan bisa juga membuat komputer jadi lemot.

5. Ancaman Malware

Malware merupakan sebuah software yang membuat dibuat untuk merusak atau melakukan tindakan yang merugikan pada sistem komputer. Nah, bisa juga software bajakan yang kalian gunakan itu memiliki malware di dalamnya yang bisa merusak komputer kalian.

Komputer yang terkena malware akan menghambat kinerja dari CPU dalam membaca data yang diminta user. Hal ini kemudian membuat komputer jadi lambat bahkan merusak fungsi pada komputer.

6. Tidak Bisa Dihapus

Selain tidak bisa diupdate, software bajakan juga ada beberapa yang setelah diinstal malah tidak bisa digunakan. Namun ketika akan dihapus, ternyata software tersebut malah susah sekali atau bahkan tidak bisa dihapus dan menyebabkan memori di komputer kalian penuh.

Hal ini terjadi karena memang ada beberapa malware dan virus yang bersarang di software yang membuatnya melekat permanen di komputer kalian. untuk menghapusnya kalian harus menghapus aplikasi tersebut sampai ke akar-akarnya.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Sulit Dihapus.

7. Tidak Berkah

Banyak orang yang menggunakan software bajakan sebagai media untuk belajar. Disini harus kalian pikirkan, apakah kalian yakin ilmu yang kalian dapatkan itu berkah?

Dan setelah kalian menggunakan software bajakan kemduian menggunakan ilmu yang kalian dapat untuk mecari uang. Apakah kalian yakin rejeki tersebut halal? Apakah duit hasil kerja menggunakna software bajakan itu berkah?

Jika dipikir menggunakan logika, software bajakan itu adalah hasil dari pencurian, dan kalian menggunakan hasil curian tersebut untuk mencari rejeki?

Note: Untuk poin nomor 4 dan 5 tidak berlaku untuk kalian yang betul-betul mengumpulkan uang untuk membeli software original yang diinginkan dan sudah menerapkan solusi dibawah ini.

Terus gimana caranya untuk menghemat uang kita dari penggunaan software tersebut?

Cara Menghindari Penggunaan Software Bajakan

cara menghindari penggunaan software bajakan

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menghindari penggunaan aplikasi atau software Bajakan. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, diantaranya adalah:

1. Gunakan Software Pengganti Serupa

Kalian bisa coba menggunakan software pengganti dari software bajakan yang ingin kalian gunakan, misalnya untuk Internet Download Manager kalian bisa menggantinya menggunakan Free Download Manager.

Kemudiann Office bisa kalian ganti menggunakan Libre Office / WPS Office, sedangkan untuk system operasi Windows bisa kalian ganti menggunakan system operasi yang open source seperti Debian, Mac OS, dan sebagainya.

Baca Juga: Alternatif Microsoft Office.

2. Mengumpulkan Uang untuk Membeli

Apabila memang fungsi dari software tersebut tidak bisa tergantikan dengan software gratis yang lain, maka kalian bisa mencoba mengumpulkan uang sambil menggunakan software bajakan tersebut untuk sementara.

Tapi disini kalian harus memastikan firewall dan antivirus dalam keadaan aktiv dan secepat mungkin membeli veris original dari software tersebut ketika uang yang kalian kumpulkan sudah cukup.

Saya yakin jika kalian bekerja dengan sungguh-sungguh kalian pasti bisa membeli versi original dari software yang kalian pakai.

Kesimpulan

Menggunakan software bajakan memiliki risiko yang cukup membahayakan untuk pengguna komputer. Karena bisa jadi data-data penting di Laptop PC hilang atau bahkan dicuri.

Untuk mengatasinya kalian bisa beberapa tips di atas sehingga bisa lepas dari penggunaan software bajakan.

Demikianlah ulasan singkan mengenai bahaya menggunakan software bajakan solusi yang bisa kalian terapkan.

Secepat mungkin kumpulkanlah uang untuk membeli software original supaya bagi kalian yang bekerja menggunakan software yang kalian pakai hasilnya menjadi berkah dan untuk yang sedang belajar ilmunya cepat masuk ke otak kalian.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Ukuran Kertas A4
Ukuran Kertas A4
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Distro Linux
Distro Linux
Oleh Dian Ayu Fitriani
Ukuran Kertas A
Ukuran Kertas A
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Memilih Printer
Cara Memilih Printer
Oleh Adi Catur Pamungkas
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Ukuran Foto R
Ukuran Foto R
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *