Cara Autofocus HP Android

By

cara autofocus di hp yang tidak ada fitur autofocus

Semakin hari perkembangan teknlogi semakin cepat dan semakin baik, hal ini tidak lepas dari usaha manusia yang ingin terus berkembang menjadi lebih baik, di zaman modern ini sudah banyak sekali teknologi-teknologi yang semakin canggih, salah satunya adalah android.

Sekarang banyak sekali android yang sangat canggih dan bagus serta memiliki fitur-fitur yang bagus.

Kerena sekarang sudah banyak sekali android yang memiliki kamera dengan kualitas sangat bagus dan jernih, bahkan sekarang juga sudah banyak android yang kameranya memiliki fitur autofocus.

Apa itu fitur autofocus? Autofocus adalah salah satu fitur kamera dimana ketetapan fokusnya bisa ditentukan atau diatur.

Dengan menggunakan fitur autofocus kita bisa benda yang akan difoto kira jaraknya, sehingga gambar akan terfokus ke gambar yang akan dibidik, sedangkan bagian lainnya akan diblurkan.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Blur Autofocus di Photoshop.

Dengan menggunakan autofocus kita juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, fitur ini sangat cocok untuk kalian yang sangat senang bereksperimen dengan foto.

Fitur ini biasanya ada pada android yang terbaru dan memiliki spesifikasi yang bagus. Untuk android tentu saja belum tersedia fitur autofocus.

Tenang saja, bagi kalian yang androidnya belum memiliki fitur autofocus kalian bisa mencoba aplikasi yang bernama  Google Kamera, aplikasi ini adalah aplikasi autofocus untuk android yang kameranya belum memiliki fitur autofocus.

Google Kamera bukalah aplikasi khusu untuk autofocus, karena ada aplikasi ini hanya mengeblurkan area sekitar bidikan foto.

Cara Autofocus di HP Android yang Tidak Ada Autofocus

Jika kalian ingin fitur autofocus yang sebenarnya kalian harus mengupgrade hardware android kalian. Langsung saja, untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi ini silahkan download aplikasinya.

Setelah kalian mendowload aplikasinya, sekarang tinggal cara memakainya. Berikut ini cara menggunakan aplikasi Google Kamera agar memiliki fitur autofocus.

1. Buka dan Settings

Setelah kalian mendownload aplikasi di atas, install aplikasi tersebut. Buka aplikasi tersebut, kira-kira seperti inilah tampilan awalnya.

Untuk mengaktifkan mengaktifkan fitur Lens Blur, kalian tinggal menggeser layar bagian kiri bawah ke kanan. Disitu terdapat 5 buah fitur, pilih yang Lens Blur.

cara autofocus di hp yang tidak ada fitur autofocus

Baca Juga: Cara Foto dengan Kamera HP Hasil Bagus.

Siapkan sesuatu yang ingin kalian foto sebagai percobaan, contohnya disini saya menggunakan botol parfum.

Arahkan kamera ke objek yang menjadi fokus di tengah layar, kemudian kalian ketuk tombol kamera untuk memotret objek.

2. Cara Memotretnya

Setelah kalian menekan tombol kamera, maka akan muncul notifikasi atau perintah seperti gambar di bawah ini (Paling kiri).

Untuk menyelesaikan proses pemotretan kalian harus menaikkan atau menggeser ponsel kalian ke atas dengan posisi objek yang tidak ingin di blur atau atau objek yang menjadi fokus tetap di tengah.

Saat proses menaikkan atau menggeser android kalian, jangan terlalu cepat agar proses pemotretan berhasil dilakukan.

3. Proses dan Hasilnya

Jika proses berhasil maka akan muncul tanda ceklis, di status bar akan ada notifikasi kamera yang sedang memproses gambar tadi.

Tunggu proses tadi sampai selesai. Setelah selesai, kalian bisa melihat hasil foto kalian tadi. Bisa dilihat bahwa di area selain objek yang dibidik semuanya blur, ini menandakan bahwa kalian sukses melakukannya.

cara autofocus di hp yang tidak ada fitur autofocus

NOTE: Apabila kalian gagal melakukannya berarti terdapat kesalahan saat kalian melakukan langkah-langkah di atas. Terdapat 2 kemungkinan yang menyebabkan kalian gagal.

  1. Kekurangan Cahaya
  2. Kalian terlalu cepat saat menggerakan android kalian ke atas.

Kesimpulan

Itulah Aplikasi Autofocus untuk Android yang Tidak Memiliki Fitur Autofocus, dengan aplikasi ini kalian bisa menikmati fitur autofocus walapun android kalian belum mendukung atau belum memiliki fitur autofocus.

Walaupun sedikit berbeda dengan autofocus lainnya, karena saat menggunakan aplikasi Google Kamera untuk menghasilkan gambar autofocus, kalian harus menunggu terlebih dahulu sebelum gambar dapat dilihat.

Tapi menurut saya proses ini sebanding dengan hasilnya. Yang tadinya kita tidak bisa menggunakan fitur autofocus, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa menggunakan fitur autofocus, dan kita bisa membuat foto-foto yang keren dan menarik karena terdapat fitur autofocus pada aplikasi ini.

Mungkin cukup sekian tutorial saya kali ini, semoga apa yang saya tulis ini berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Jika ada yang mengalami kesulita saat melakukan proses di atas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *