Arti Singkatan Chat Whatsapp

By Mochamad Alif Prayogo-

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan cepat yang sekarang ini banyak sekali penggunanya. Kita bisa mengirimkan pesan ke orang-orang yang kita simpan kontaknya dan sama-sama menggunakan whatsapp.

Dalam berkirim pesan di whatsap kadang kita menjumpai beberapa singkatan-singkatan yang sedikit asing dan pastinya akan membuat kalian yang baru mulai menggunakan whatsapp kebingungan.

Ada beberapa singkatan di whatsapp seperti pc, pm, vc, tc, dan sebagainya yang memiliki kepanjangan dan arti tersendiri. Nah, berikut ini akan mastekno bahas dan jelaskan tentang arti singkatan-singkatan di whatsapp.

Baca juga: Cara Nonaktifkan Download Otomatis WA.

Arti PC di Whatsapp

Yang pertama adalah PC, sebagian dari kalian pengguna whatsapp tentu pernah menjumpai seseorang yang membuat story dan menggunakan singkatan ini.

Biasanya mereka adalah orang-orang yang berjualan barang. Biasanya mereka akan mem-posting sebuah foto barang yang dijual kemudian menuliskan “minat? PC” seperti itu. Namun sebenarnya singkatan PC itu apa sih?

Dalam bahasa Inggris PC bisa diartikan menjadi beberapa kata seperti personal komputer, piece, dan sebagainya. Namun khusus di whatsapp, PC ini bukan bukan itu artinya.

PC adalah singkatan dari Personal Chat atau kadang juga disebut Private Chat. Maksudnya adalah chat pribadi, yaitu:

  • Chat yang dilakukan dua orang saja.
  • Chat antar kontak.

Kadang singkatan PC ini juga sering dipakai untuk mengajak seseorang melakukan obrolan di sebuah grup.

Contohnya seperti “PC Yuk” yang artinya adalah “Ngobrol Yuk di Chat”, seperti itu. Sudah paham arti dari PC sekarang? Lanjut ke singkatan di whatsapp yang lainnya.

Arti PM di Whatsapp

Singkatan PM ini bukan cuma sering kita jumpai di Whatsapp saja, banyak sekali singkatan PM yang dipakai oleh para pengguna Internet.

PM ini adalah singkatan adri Private Message yang artinya adalah pesan pribadi. Jadi jika dipikir-pikir arti dari PM ini mirip seperti PC yang sudah saya bahas sebelumnya.

Namun PM ini lebih sering dipakai, untuk keadaan yang lebih formal lagi, juga dalam konteks jual beli.

Jadi tidak heran jika kalian masuk dalam grup jual beli di Whatsapp kalian akan menemukan banyak istilah PM di dalamnya.

Arti TC di Whatsapp

Singkatan berikutnya di whatsapp yang sering digunakan adalah TC. TC ini adalah singkatan dari Test Chat yang jika diartikan kurang lebih maksudnya adalah “Mengetes Obrolan”.

Maksud dari pesan ini adalah untuk mengecek apakah orang yang mereka kirimi pesan di Whatsapp itu sedang online atau tidak.

Contohnya saya mengirim pesan kepada kalian TC, kemudian kalian menjawab nah ini berarti kalian sedang online. Namun jika kalian tidak menjawab berarti tidak sedang online.

Selain diartikan sebagai Test Chat, TC ini juga bisa diartikan dengan Test Contact yang artinya adalah “Mengetes Kontak” yang ada dalam whatsap kalian, sama seperti penjelasan sebelumnya.

Arti Ping di Whatsapp

Jika kalian adalah pengguna Android yang sudah cukup lama tentu pernah mendengar kata yang satu ini.

Ping ini kurang lebih maksudnya sama seperti TC, yaitu untuk mengecek atau mengetahui apakah orang yang kita kirimi pesan sedang online atau tidak.

Kadang ping ini juga digunakan untuk mengetahui koneksi internet kita apakah sedang error atau tidak pad saat mengirim pesan di whatsapp.

Sebenarnya awalnya ping ini digunakan pada Blackberry Messenger (BBM). Dulu dalam aplikasi pesan BBM terdapat fitur yang bernama Ping untuk mengecek kontak yang kita kirimi pesa.

Dulu pengguna BBM sangat banyak, dan terbawa sampai sekarang di Whatsapp.

Note: Jika kalian mendapatkan pesan Ping sebaiknya cepat balas pesan tersebut, mungkin saja orang itu mempunyai urusan penting dengan kalian.

Baca juga: Cara Kirim Video Panjang di WhatsApp.

Arti VC di Whatsapp

Singkatan yang selanjutnya adalah VC, VC adalah singkatan dari Voice Call atau yang artinya adalah panggilan suara.

Tujuan dari singkatan ini biasanya untuk meminta seseorang menelepon kita lewat panggilan Whatsapp atau sebaliknya kita yang ingin menelepon mereka lewat voice call.

Istilah VC ini cukup populer dan banyak digunakan pengguna whatsapp dari berbagai kalangan.

Karena coba saja kalian bayangkan jika harus mengetik voice call atau panggilan suara, tentu lebih mudah menggunakan singkatan VC saja kan? selain singkatan dari voice call.

VC ini juga bisa digunakan untuk mempersingkat Video Call. Jadi kalian bisa menyesuaikan sendiri mau pakai panggilan suara atau video.

Arti Huruf P di Whatsapp

Singkatan berikutnya yang sering digunakan di aplikasi pesan cepat Whatsapp adalah P. Tentu kalian pernah mendapat pesan P dari seseorang yang menggunakan whatsapp kan?

Huruf P ini sebenarnya singkatan dari Ping yang sebelumnya sudah saya bahas. P digunakan untuk mengetes kontak yang kalian kirimi pesan, untuk mengetahui apakah mereka sedang online atau tidak.

Mungkin orang yang mengirimkan pesan ini terlalu malas untuk mengetik panjang dan menyingkat Ping menjadi P supaya lebih mudah dan singkat.

Terlebih lagi huruf P ini dekat sekali dengan tombol untuk mengirim pesan di wahtsapp. Namun ada juga yang memelesetkan P ini menjadi Permisi.

Arti Available di Whatsapp

Singkatan yang sering digunakan di whatsapp yang terakhir adalah Available. Kadang kita sering sekali melihat status orang-orang yang menggunakan whatsapp adalah available.

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia available in maksudnya adalah Tersedia.

Maksudnya adalah kontak yang menggunakan status ini sedang tersedia untuk dikirimi sebuah pesan meskipun mereka sedang tidak online.

Bahkan di WhatsApp ini sudah tersedia fitur pesan otomatis WhatsApp. Namun fitur ini hanya tersedia di WhatsApp Business. Fitur ini digunakan untuk mendukung para admin olshop untuk membalas pesan customer.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas tentu sekarang kalian jadi sudah tahu arti dari singkatan-singkatna yang sering digunakan pada saat saling mengirim pesan di whatsap.

Kalian tidak perlu mencatatnya, cukup diingat saja. Berikut adalah kesimpulan dari penjelasan di atas:

  • PC: singkatan dari Personal Chat yang artinya adalah pesan pribadi. Tujuannya adalah untuk meminta orang chat kita secara pribadi.
  • PM: singkatan dari Private Message yang artinya adalah pesan pribadi sama seperti PC, namun singkatan PC ini lebih sering digunakan di konteks yang lebih formal seperti jual beli dan sebagainya.
  • TC: singkatan dari Test Contact atau Test Chat yang artinya adalah mengetes kontak yang ada di whatsapp kalian apakah sedang online atau tidak. Jika sedang online mereka akan membalas pesan tersebut.
  • Ping: artinya adalah mengetes kontak yang ada di whatsap kita sama seperti tc.
  • VC: singkatan dari Voice Call atau Video Call yang artinya adalah meminta seseorang untuk melakukan panggilan suara atau video ke kita. Sesuai kebutuhan mereka mau panggilan video atau panggilan suara.
  • Huruf P: singkatan dari Ping yang tujuannya untuk mengecek kontak yang ada di whatsapp kita apakah sedang online atau tidak. Sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  • Available: artinya adalah tersedia dimana orang tersebut siap dikirimi pesan meskipun mereka sedang tidak online.

Nah itulah kesimpulan yang bisa kita ambil dari penjelasan di atas. Sekarang kalian jadi sudah paham dan tahu singkatan-singaktan yang biasa digunakan di whatsapp beserta arti dan maksud dari singkatan tersebut.

Singkatan digunakan untuk mempermudah dan mempercepat dalam berkirim pesan di whatsap. Dengan adanya singkatan-singkatan ini kita jadi lebih cepat dalam berkirim pesan.

Demikianlah informasi yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian tentang pengertian arti pc, pm, tc, ping, vc, p, dan available di whatsapp.

Semoga apa yang tadi saya sampaikan dan jelaskan di atas bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk lebih mengetahui hal-hal yang sering digunakan dalam whatsapp.

Jika ada kesalahan kata dan informasi yang saya sampaikan di atas saya mohon maaf. Jika kalian masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah. Terima kasih.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Menghapus Sampah Foto Video WhatsApp
Cara Menghapus Sampah Foto Video WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menyembunyikan Profil WhatsApp
Cara Menyembunyikan Profil WhatsApp
Oleh Hanif Pramono
Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis
Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp
Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra
Cara Membuat Link Undangan Grup Whatsapp
Cara Membuat Link Undangan Grup Whatsapp
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp
Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp
Oleh Hasif Priyambudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *