Aplikasi Screenshot di Laptop PC

By Mochamad Alif Prayogo -

Sebagai pengguna laptop atau pc, ada aplikasi yang wajib dan harus kamu install pada pc laptop kamu, aplikasi atau software tersebut adalah software untuk screenshot layar pc.

Bukan cuma pc saja yang harus menginstall aplikasi screenshot, laptop juga harus menginstall aplikasi ini karena berguna untuk berbagai kebutuhan terlebih lagi bagi kamu yang menggeluti di bidang desain grafis dan menggunakannya untuk keperluan pekerjaan atau kuliah kamu.

Memang pada pc laptop baik itu sistem operasi windows xp sampai dengan windows 10 sudah disediakan tombol print screen untuk mengambil screenshot dengan kualitas yang bagus, namun perintah ini kurang efektif .

Karena kita harus paste kan terlebih dahulu gambar yang kita ambil, tidak bisa langsung menyimpannya. Jadi cara ini memiliki kelemahan dan sedikit ribet karena harus menekan tombol Ctrl+Alt+Print Screen kemudian pastekan terlebih dahulu.

Terlebih lagi jika resolusi jika ukurannya terlalu besar, kamu harus memotong bagian yang penting saja dan harus melalui proses editing terlebih dahulu. Hal ini akan menyebabkan proses pengambilan screenshot yang harusnya mudah dan simpel menjadi ribet dan tidak praktis.

Baca Juga: Aplikasi Screenshot Android Terbaik.

Nah, maka dari itulah pc laptop kamu harus dibekali dengan aplikasi screenshot di laptop pc terbaik supaya mengambil screenshot jadi lebih mudah dan simpel tidak ribet.

Hanya dengan menggunakan perintah sederhana kamu bisa mengambil screenshot dan menyesuaikannya dengan mudah.

Aplikasi Screenshot Laptop PC: Terbaik 2020

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan rekomendasi bagi kamu yang sering menggunakan print screen untuk menangkap tampilan layar pc laptop kamu.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang mastekno rekomendasikan berikut ini untuk mengambil screenshot dengan mudah dan simpel.

Langsung saja, silahkan simak daftar aplikasi screenshot di laptop terbaik yang akan masteko sampaikan di bawah ini.

1. Lightshot

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 1

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah lightshot, aplikasi ini wajib kamu install jika ingin mengambil gambar layar pc atau laptop dengan mudah dan resolusinya tinggi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan pengambilan gambar atau screenshot dengan mudah dan cepat. Kamu tinggal pilih layar mana yang ingin kamu ambil gambarnya, kemudian pada menu taskbar silahkan klik icon Lightshot.

Setelah itu kamu bisa memilih area mana saja yang ingin diambil screenshotnya dengan menggunakan mouse dan bisa sesuaikan ukuran gambarnya langsung.

Setelah itu kamu tinggal save gambar tersebut dengan klik icon save yang ada, kamu bisa menyimpan hasil tangkapan layar dengan format PNG, JPEG, dan BMP.

Selain menyimpan langsung ke pc laptop kamu, lightshot juga menyediakan pilihan lain untuk bisa langsung mengupload hasil tangkapan layar langsung ke server mereka, ke sosial media, print gambar, copy gambar, mengedit gambar, seperti memberi teks, panah, tulisan dan sebagainya.

Fitur editing langsung dalam aplikasi ini sangatlah menghemat waktu kita supaya tidak melakukan editing kembali di aplikasi desain seperti photoshop.

Selain itu aplikasi ini juga menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi jadi gambar yang dihasilkan pasti akan memuaskan. Dan lagi aplikasi memiliki ukuran yang kecil, yaitu Cuma 2.7 MB an saja.

Jadi aplikasi ini tidak akan membebani pc laptop kamu yang spesifikasinya rendah. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di Windows dan Macintosh.

2. Screenshot Captor

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 2

Software untuk mengambil screenshot di pc terbaik lainnya adalah Screenshot Captor. Aplikasi ini menawarkan gambar yang jernih dengan resolusi yang tinggi.

Kelebihan dari aplikasi penangkap layar pc laptop yang satu ini dibanding aplikasi penangkap layar lainnya adalah kemampuannya untuk bisa menangkap gambar pada saat jendela bergulir.

Fitur ini sangatlah berguna terlebih lagi jika ingin mengambil gambar sebuah dokumen yang panjang dan banyak halamannya. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga bisa menangkap gambar secara full screen dan berbagai kegiatan sesuai keinginan kamu.

Sama seperti aplikasi screenshot yang lainnya, dalam aplikasi Screenshot Captor ini juga terdapat beberapa tools tambahan yang bisa kamu gunakan pada hasil screenshot yang sudah kamu ambil sebelumnya supaya menjadi lebih menarik.

Tools tersebut diantaranya adalah border, frame, blurring, shadow effect, watermark, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakan software ini di pc laptop dengan berbagai sistem operasi, selain itu ukurannya juga tidak terlalu besar dan tidak membebani pc laptop kamu.

3. Schirmfoto

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 3

Rekomendasi aplikasi penangkap layar untuk pc dan laptop berikutnya adalah Schirmfoto. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan ketika ingin menangkap tampilan layar pc laptop kamu.

Hanya dengan menggunakan aplikasi ini kamu sudah bisa menyimpan gambar yang ditampilkan pada dekstop pc laptop kamu dengan cepat dan mudah tanpa ribet tentunya.

Selain bisa mengambil foto biasa, kamu juga bisa menambahkan beberapa atau editing seperti menambah watermark, crop, tanda marker, copy to clipboard, print, export to, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali format gambar yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan hasil screenshot yang kamu ambil, seperti PNG, JPG, dan PDF.

Selain menghasilkan hasil screenshot dengan kualitas dan resolusi yang tinggi, kamu juga bisa merekam apa yang ditampilkan di dekstop dengan menggunakan Schrimfoto ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi gratis ini adalah kecepatan pada saat instalasinya. Kamu bisa menginstall aplikasi dengan mudah dan cepat karena ukurannya yang kecil, hanya 5 MB saja.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan di berbagai sistem operasi mulai dari Windows XP, sampai dengan Windows 10 yang terbaru sekarang ini.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu klik icon kamera yang ada dan sudah disediakan, kemudian gambar akan langsung terambil secara full desk. Jika kamu hanya memerlukan bagian-bagian tertentu saja, kamu bisa mengubah pengaturan yang ada.

Supaya kamu bisa menggunakan aplikasi penangkap layar dengan resolusi yang tinggi ini, kamu harus melakukan registrasi schrimfoto ini lewat email. Nantinya kamu akan mendapatkan serial number yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan aplikasi ini.

4. Jing

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 4

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi penangkap layar komputer seperti Ligthshot, Jing juga menawarkan kemudahan saat kamu ingin mengambil gambar yang ada pada tampilan dekstop kamu hanya dengan menggunakan mouse.

Fitur tools yang diberikan oleh aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi screenshot komputer yang lain, seperti kamu bisa

  1. Menambahkan tanda panah dengan warna yang diinginkan,
  2. Menambahkan frame
  3. Menambahkan teks
  4. Menambahkan border untuk menandai sebuah tulisan atau bagian tertentu pada hasil screenshot yang kamu ambil

Namun sayangnya aplikasi ini hanya mendukung format gambar PNG saja.

Namun aplikasi screenshot layar Jing ini memiliki fitur yang tidak dimiliki kebanyakan aplikasi penangkap layar komputer, fitur tersebut adalah fitur untuk bisa merekam video pada layar komputer kamu dengan durasi paling lama 5 menit.

Hanya dengan berbekal satu aplikasi saja kamu bisa melakukan tangkap layar di komputer sekaligus bisa merekam layar dengan mudah dan praktis, kamu tidak perlu menginstall aplikasi screen recorder khusus lagi.

Untuk bisa memakai fitur ini kamu cukup memilih capture video saat muncul pilihan pada menu.

5. PicPick

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 5

Aplikasi tangkap layar untuk pc laptop terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah PicPick. Aplikasi ini memiliki dua versi yang bisa kamu pilih dan gunakan, yaitu versi bisnis dan personal.

Bagi kamu yang hanya menggunakan aplikasi penangkap layar untuk keperluan pribadi dan maunya yang gratisan maka kamu bisa memilih versi yang personal.

Versi ini dibekali dengan user interfaces yang sangat baik dan userfriendly, aplikasi ini menawarkan kemudahan bagi siapapun yang menggunakan aplikasi ini untuk menangkap layar pada pc laptop mereka.

Dengan aplikasi PicPick ini kamu bisa memilih apakah mau langsung menyimpan hasil gambar screenshot kedalam komputer, atau mau mengedit hasil gambar screenshot terlebih dahulu.

Fitur:

  • Screen magnifier
  • Image editor screen capture
  • Color picture
  • Screen protracor
  • Screen crosshair
  • Whiteboard
  • Color palette.

Jika kamu mau mengedit terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan tools yang ada di aplikasi ini seperti menambahkan teks, gambar, watermark, menambahkan berbagai macam shapes, atau bisa juga mengubah warna gambar menjadi hitam putih.

6. Snap Draw

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 6

Aplikasi screenshot layar untuk pc laptop terbaik selanjutnya yang mastekno rekomendasikan adalah Sanp Draw.

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi penangkap layar terbaik untuk pc yang bisa kamu gunakan untuk menangkap tampilan layar dekstop dengan resolusi yang tinggi.

Snap draw ini menawarkan kemudahan untuk para penggunanya seperti saat mereka mau mengambil screenshot pada layar komputer mereka. Ada banyaak sekali tools yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini untuk menambahkan efek-efek menarik pada hasil tangkapan layar.

Ada satu fitur yang menarik dari aplikasi Snap Draw ini, fitur tersebut adalah magnificer effect yang memiliki fungsi mirip seperti kaca pembesar.

Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa memperbesar area gambar atau tulisan tertentu yang kamu inginkan saat kamu mau mengambil screenshot.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Callout Teks untuk menambahkan teks pada gambar screenshot dengan tampilan callout ini. Aplikasi ini sudah mendukung format hasil gambar yang lumayan banyak seperti format gambar JPEG, PNG, JNG, dan BMP.

7. Shotty

7 aplikasi screenshot untuk pc laptop gratis terbaik 7

Aplikasi terakhir yang mastekno rekomendasikan kepada kamu yang ingin mengambil gambar pada tampilan dekstop pc laptop kamu adalah aplikasi Shotty.

Buat kamu yang sedang mencari dan membutuhkan aplikasi screenshot yang memiliki kemampuan standar hanya untuk mengambil screenshot gambar pada layar saja maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Alasan mengapa aplikasi direkomendasikan adalah karena kemudahan dalam proses instalasinya, memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 700 KB jadi tidak akan membebani komputer kamu meskipun komputer kamu kentang, dan cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah.

Saat proses instalasi kamu bisa memilih mau melakukan full install atau install secara portable.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk menangkap layar sangat mudah, kamu tinggal klik icon shotty (gambar kamera) yang ada di taskbar. Disitu nantinya akan ada 3 pilihan, yaitu screen, windows, dan region. screen bisa kamu gunakan saat kamu ingin mengambil gambar dekstop secara full atau keseluruhan.

Windows bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar pada semua jendela Windows yang pada saat itu sedang kamu buka. Dan region berguna untuk mengambil gambar screenshot di bagian tertentu yang kamu rasa penting saja.

Baca Juga: Cara Memperbesar Resolusi Foto.

Fitur-fitur ini adalah fitur yang jarang sekali ditemukan pada aplikasi screenshot pc dan laptop gratis lain. Sedangkan untuk format gambar yang dihasilkan, kamu bisa memilih mau menggunakan PNG, JPG, atau BMP.

Aplikasi ini sangatlah cocok dan berguna bagi kamu yang sedang mencari aplikasi screenshot layar gratis terbaik dengan fitur yang keren.

Meskipun ukurannya cuma 700 KB saja, namun fitur-fitur yang ada cukup menarik dan sangat berguna jika kamu ingin mengambil gambar tampilan desktop, mulai dari yang full screen, jendela windows yang terbuka, sampai dengan hanya bagian-bagian tertentu yang kamu anggap penting.

Jadi intinya aplikasi ini sangat direkomendasikan terlebih lagi untuk kamu yang laptop atau pc nya memiliki spesifikasi rendah.

8. Snipping Tool

aplikasi snipping tool

Aplikasi snipping tool adalah aplikasi screenshot di laptop pc gratis dan merupakan aplikasi bawaan, aplikasi ini cukup ringan dan tidak perlu di install lagi. Karena memang dari bawaan sudah ada, selain itu dari sisi penggunaan cukup mudah untuk dipakai.

Kesimpulan

Nah, itulah daftar aplikasi atau software screenshot terbaik di laptpop pc dengan resolusi tinggi dan ukurannya yang kecil. Dengan menggunakan aplikasi di atas tadi. Untuk penggunaanya simak cara screenshot di laptop pc.

Kamu bisa dengan mudah mengambil tampilan yang ada pada laptop kamu, seperti saat sedang bermain game, nonton film, dan berbagai kegiatan lainnya dengan mudah, hanya dengan menggunakan beberapa langkah sederhana saja, bahkan hanya dengan satu kali klik saja.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan fitur screenshot yang disediakan oleh sistem operasi kamu seperti windows, kamu harus menggunakan aplikasi paint dan mengeditnya di photosop seperti yang sudah saya jelaskan di awal.

Mungkin sekian dulu review dan informasi yang bisa mastekno sampaikan, semoga apa yang tadi saya sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk mengambil screenshot di layar komputer kamu dengan mudah.

Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi yang ada pada daftar di atas, jika kurang cocok kamu bisa menggunakan aplikasi lain karena banyak sekali aplikasi screenshot gratis yang bisa kamu gunakan di google. Manakah aplikasi screenshot favorit kamu? Silahkan komen di bawah.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Membuat Watermark di Word
Cara Membuat Watermark di Word
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pemutar Video di Laptop PC
Aplikasi Pemutar Video di Laptop PC
Oleh Adi Catur Pamungkas
Shortcut Microsoft Word
Shortcut Microsoft Word
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menghilangkan Garis Bawah Word
Cara Menghilangkan Garis Bawah Word
Oleh Adi Catur Pamungkas
Emulator Android Ringan
Emulator Android Ringan
Oleh Hanif Pramono
Aplikasi Edit Video di Laptop PC
Aplikasi Edit Video di Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *