Aplikasi PDF Reader

By Mochamad Alif Prayogo -

Anda bisa membuka file berekstensi .pdf dengan menggunakan bantuan dari aplikasi PDF Reader. Aplikasi PDF Reader berfungsin untuk membaca dokumen-dokumen atau file yang berekstensikan .pdf.

Tidak perlu lagi menggunakan laptop atau PC, dengan menggunakan android atau smartphone, kalian sudah bisa membaca dokumen .pdf tersebut.

Memiliki aplikasi PDF di android pasti akan nyaman dan memudahkan kita untuk membaca suatu informasi yang berbentuk digital. Apalagi jika ada tipe orang yang sangat menyukai membaca di berbagai ebook di internet, dan kebanyakan ebook di internet berformat PDF.

Salah satu jenis file penting yang mungkin tidak semua hp pintar miliki adalah file PDF, kita semua tau bahwasannya PDF tidak bisa dibuka di Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran PDF.

Dibutuhkan aplikasi tambahan untuk membuka file tersebut. Di zaman yang modern ini pasti banyak orang yang ingin mempersingkat waktu dan meringankan beban bawaan di tas kita.

Hal ini memudahkan orang-orang dalam membaca, bisa dibaca dimana saja dan tidak ribet, tidak perlu lagi mebawa laptop untuk membaca file jenis PDF. Berikut ini Aplikasi PDF Reader Android Terbaik untuk android.

Aplikasi Pembaca PDF di Android

Kali ini saya akan sedikit sharing tentang aplikasi PDF reader terbaik untuk membuka pdf, yang pasti bisa kamu gunakan pada hp android kamu kapan saja dan dimana saja. Mari kita simak bersama aplikasi membaca pdf di hp android.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi PDF Reader pertama yang saya sarankan adalah Adobe Acrobat Reader, sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuka file berformat .pdf. Aplikasi ini adalah apliksi buatan developer tekenal yaitu Adobe. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang pastinya memudahkan penggunaka dalam membaca dokumen berformat .pdf.

Bukan cuma untuk meilhat dan membaca file PDF saja, tapi aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya yaitu pengguna aplikasi ini dapat langsung membuka file .pdf melalui Email dan sebuah Web.

Kalian juga bisa langsung membagikannya dengan mudah menggunakan fitur share pada aplikasi Adobe Acrobat.

Adobe Acrobat Reader menyediakan 2 metode/cara membaca untuk para pengguna yaitu Single Page, Continuous Scrool, atau Reading mode. Aplikasi in juga menyediakan comment.

Dengan fitur ini kalian bisa menandai bagian-bagian penting langsung di dalam file PDF tersebut. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dan jug sangat lengkap.

Baca Juga: Cara Memperbesar Ukuran PDF.

2. ezPDF

ezPDF

Aplikasi ezPDF ini memberikan fitur yang cukup menarik yaitu fitur dual page view, dengan fitur ini pengguna dapat membaca dokumen PDF dalam bentuk 2 halaman. Aplikasi ini juga memberikan fitur sign, dimana pengguna dapat mencantumkan tanda tangan mereka secara langsung dalam file PDF tersebut.

Aplikasi ezPDF juga memberikan fitur untuk menambahkan memo, mengubah warna, dan juga mengubah ukuran PDF-nya. Apakah masih ada fitur lain.

Tentu, tak hanya sampai disini saja, ezPDF juga melengkapi fiturnya dengan fitu crop, fitur ini digunakan untuk memotong bagian PDF yang dirasa penting, menarik bukan.

3. Foxit

Foxit

Kalian tidak punya biaya untuk membeli aplikasi PDF Reader yang berbayar? Kalian mencari aplikasi PDF Reader yang gratis? Foxit adalah solusinya. Walaupun Foxit gratis, namun aplikasi ini tidak kalah bagusnya dengan aplikasi lainnya, Foxit didukung dengan fitur-fitur yang akan memudahkan para penggunanya.

Sama seperti aplikasi PDF Reader lainnya, Foxit berguna untuk membaca dan melihat dokumen berformat PDF. Foxit memiliki fitur untuk mengedit atau mengubah file PDF secara langsung via Anadroid kalian. Kalian juga bisa rename, move, copy, dan delete PDF file. Foxit juga mampu memutar file berupa vidio dan audio.

Baca Juga: Cara Menggabungkan PDF.

4. Google PDF Viewer

Google PDF Viewer

Diihat dari namanya kita sudah tahu aplikasi ini buatan siapa. Yah, tepat sekali, aplikasi ini aplikasi ini adalah aplikasi PDF Reader buatan Google. Sesuai dengan namanya aplikasi Google PDF Viewer bisa digunakan untuk melihat dokumen/file berformat PDF. Aplikasi ini tidak jauh berbede dengan aplikasi di atas.

Selain memberikan kemudahan membaca untuk para pengguna, Google PDF Reader juga memiliki fitur untuk terkoneksi dengan Google Drive, dengan fitur ini pengguna bisa menyimpan dokumennya langsung di Google Drive. Google juga memberikan fitur print pada aplikasi ini, dengan ini kalian bisa langsung melakukan print melalui android kalian.

5. MuPDF

MuPDF

Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi MuPDF Reader memberikan tampilan yang sederhana untuk para pengguna dalam membaca dokumen PDF. Walaupun sederhana, MuPDF mengklaim bahwa aplikasinya akan memberikan kualitas yang baik dalam bidang grafis.

MuPDF juga menyataan bahwa aplikasinya ini tidak akan memakan banyak ruang pada android kalian. MuPDF adalahh aplikasi PDF Reader yang ringan dan juga cepat.

Walaupun ringan dan cepat MuPDF tetaplah memiliki fitu-fitur yang lengkap. Selain digunakan untuk membaca file PDF, MuPDF juga mendukung dokumen jenis XPS dan v2 EPUB.

6. Google Play Books

Google Play Books

Google Play Books lumayan dikenal oleh para pengguna ponsel pintar. Google Play Books sama seperti Google PDF Reader, yaitu sama-sama dibuat oleh Google. Google Play Books lebih dikenal dengan aplikasi untuk membaca buku. Walaupun begitu aplikasi ini tergolong dalam apliaksi PDF Reader, hal ini karena apliaksi ini bisa membuka dan melihat file PDF.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang sangat suka membaca buku, kalian tidak usah membawa buku dalam bentuk hardcopy, karena kalian bisa mendownload bukunya dan membacanya menggunakan aplikasi ini. Kalian bisa membawanya kemanapun dan membacanya dimanapun kalian suka. Selain format PDF, aplikasi ini juga mendukung format EPUB.

7. CamScanner – Phone PDF Creator

CamScanner - Phone PDF Creator

Cam-Scanner – Phone PDF Creator adalah sebuah aplikasi scanner, kenapa aplikasi ini tergolong aplikasi PDF Reader? Tentu saja karena aplikasi ini bisa digunakan untuk membuka file PDF, walaupun pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi scanner, tetapi aplikasi ini memiliki fitur untuk membuka dan membaca file PDF.

Aplikasi ini bisa menjadikan buku kalian sebagi buku digital yang mempunyai format PDF, karena CamScanner – Phone PDF Creator bisa mengimport dokumen berupa file PDF. Sungguh praktis bukan, aplikasi ini patut untuk kalian coba.

Aplikasi PDF Reader di iPhone

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa membuka sekaligus mengedit isi dari file PDF yang kalian inginkan. Berikut ini adalah aplikasi untuk membuka dan edit pdf di iPhone yang mudah digunakan.

1. PDF Expert

aplikasi pdf reader dan pdf editor terbaik untuk iphone ipad 1

Aplikasi yang satu ini sangatlah cocok untuk keperluan membuka file dan untuk edit mengedit file PDF, kenapa? Karena aplikasi ini sangat simple serta mudah digunakan, selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang bisa dibilang lengkap. Selain untuk membuka file PDF, aplikasi ini juga bisa untuk membuka file dengan format lain. Berikut ini adalah fitur-fitur yang di tawarkan dalam aplikasi ini:

  • Kompatibel dengan file PDF, Microsoft Office, teks, iWork, gambar, video, dan bahkan musik.
  • Menggambar dengan menggunakan jari kalian saat menandai/annotating/menambahkan keterangan.
  • Menambahkan underline dan menghentikan kata ketika annotating
  • Bisa copy file melalui WI-FI, iDisk, Google Docs, Dropbox, iTunes dan sebagainya
  • Mengunci aplikasi menggunakan password supaya dokumen selalu aman
  • Menyimpan lampiran file di email langsung ke PDF Expert
  • Anotasi file di email langsung ke PDF Expert
  • Mengisi dan menandatangi formulir
  • Membuat catatan pada file PDF kalian
  • Bookmark lokasi dokumen.

Kelebihan PDF Expert

Dengan menggunakan PDF Expert ini memungkinakn kalian untuk mendapatkan fitur serta kemampuan layaknya aplikasi pembaca dan editor PDF PC pada Ponsel kalian. Aplikasi ini memiliki interfaces yang simple dan mudah untuk zoom in dan zoom out.

Kalian bisa mendapatkan dokumen melalui iTunes, mengcopy dari iDisk, melalui Dropbox dan layanan lainnya yang tersedia. Di dalam aplikasi ini terdapat anotasi yang benar-benar akan sangat membantu kalian untuk menandai dokumen kalian.

Bukan cuma itu saja, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa aplikasi ini juga bisa bekerja pada file lain selain PDF, seperti Microsoft Office, iWork, teks, gambar, video dan suara.

Meskipun kalian tidak akan memerlukan semua itu, ini bisa menjadi aplikasi manajemen file dan hal tersebut bisa menjadi bonus yang menguntungkan. Jadi bisa dibilang aplikasi PDF Expert ini benar-benar sangat bagus dan bisa untuk melakukan banyak hal.

Kekurangan PDF Expert

Kekurangan yang paling mencolok dari aplikasi ini adalah harga dari aplikasi ini cukup mahal, yaitu $10 untuk iPhone dan iPad. Jadi jika kalian ingin menggunakan keduanya maka kalian harus membayar $20.

Ini merupakan harga termahal dari semua aplikasi PDF editor berbayar lain yang bisa kalian gunakan di iOS. Namun harga ini terlihat sepadan dengan fitur serta kemampuan dan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini.

Bagi kalian yang menggunakan banyak device tentunya akan menjadi suatu pemborosan jika menginstall aplikasi ini di setiap device iOS kalian.

Namun aplikasi PDF Expert ini adalah aplikasi yang dapat bekerja lebih baik ketika digunakan di perangkat berlayar besar seperti tablet, jadi lebih baik menggunakan aplikasi ini di perangkat tablet kalian supaya lebih efektif dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memasangnya di perangkat lain.

2. GoodReader

aplikasi pdf reader dan pdf editor terbaik untuk iphone ipad 2

Jika kalian merasa bahwa aplikasi PDF Expert itu harganya terlalu mahal, maka kalian bisa menggunakan aplikasi lain alternatif dari PDF Expert yaitu GoodReader, kalian bisa membeli aplikasi ini seharga $5.

Fitur yang dimiliki aplikasi PDF Expert dan tidak dimiiliki oleh aplikasi GoodReader adalah kemampuan untuk menangani PDF Form. Jadi jika kalian tidak memiliki keperluan seperti mengisi form di iPhone dan iPad maka aplikasi ini bisa menjadi alternatif yang tepat.

3. PDF Reader Pro

aplikasi pdf reader dan pdf editor terbaik untuk iphone ipad 3

Aplikasi alternatif berikutnya adalah PDF Reader Pro yang bisa kalian dapatkan dengan harga $3 saja, harga ini bisa dibilang murah jika dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Dengan aplikasi ini kalian sudah bisa mendapatkan hampir semua fitur yang ada di PDF Expert dan aplikasi lain yang sejenis. Kelemahan dari aplikasi ini adalah kalian akan memakan banyak waktu untuk menangani file dan mengeksplorasi mode anotasi.

Namun jika kalian tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk aplikasi seperti PDF Expert, aplikasi ini bisa menjadi solusinya.

Kesimpulan

Itulah Aplikasi PDF Reader Terbaik, Membuka File PDF di Android, kalian bisa memilih diantara aplikasi diatas untuk membuka dan membaca file yang berformat PDF, atau kalian juga bisa mencari aplikasi-aplikasi lain yang karena banyak sekali aplikasi PDF Reader yang sudah tersebar.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Foto menjadi PDF.

Mungkin cukup sampai disini saja review saya tentang aplikasi PDF Readers, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat, jika ada yang mau menambahkan atau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Aplikasi Kompres Video di Android
Aplikasi Kompres Video di Android
Oleh Adi Catur Pamungkas
Download WhatsApp Mod APK
Download WhatsApp Mod APK
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Nonton Film Android
Aplikasi Nonton Film Android
Oleh Hanif Pramono
Aplikasi Pemotong Lagu
Aplikasi Pemotong Lagu
Oleh Danang Febriyandra
Aplikasi Download Foto dan Video Instagram
Aplikasi Download Foto dan Video Instagram
Oleh Danang Febriyandra
Aplikasi Pembuat Logo Android
Aplikasi Pembuat Logo Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *