Aplikasi Membuat Cover Buku

By Mochamad Alif Prayogo-

Untuk pari penulis terutama yang menulis novel, cover buku merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan ketika membuat buku. Alasannya adalah karena sebuah cover ini akan mewakili isi dari cerita yang sudah dibuat di dalamnya.

Cover buku harus menarik sehingga orang-orang yang melihat cover buku tersebut ingin membaca isi di dalamnya. Namun yang disayangkan adalah tidak semua penulis bisa mendesain atau membuat cover buku dari cerita yang mereka buat, meskipun bisa kebanyakan hasilnya kurang bagus.

Tentunya akan tidak bagus jika cover buku yang dibuat itu jelek, akan sangat disayangkan jika sudah menulis cerita yang bagus namun covernya jelek dan tidak menarik. Cover yang tidak menarik akan menghilangkan potensi orang-orang yang mau membaca cerita dalam buku tersebut.

Namun bagi kalian penulis yang tidak bisa membuat cover buku tidak perlu khawatir karena sekarang ini ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuat cover buku secara online. Kalian bisa membuat cover buku dengan mudah tanpa ribet.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membahas tentang daftar aplikasi membuat cover buku. Aplikasi-aplikasi berikut ini bekerja secara otomatis, jadi kalian tinggal mengatur desainnya saja.

Namun perlu kalian ingat bahwa meski cocok digunakan oleh  para pemula, namun disarankan kalian memiliki sedikit skill editing atau memiliki naluri supaya hasil dari cover buku tersebut bagus.

Aplikasi Pembuat Cover Buku Online

Sekarang ini kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah hanya bermodalkan Smartphone Android, salah satunya membuat cover buku. Kalian bisa membuat cover buku lewat aplikasi secara online. Berikut ini adalah beberapa aplikasi pembuat cover buku yang bisa kalian gunakan.

1. Canva

canva

Aplikasi membuat cover buku pertama adalah Canva. Canva merupakan sebuah situs yang memungkinkan para pengunjungnya melakukan editing atau membuat desain untuk berbagai kebutuhan seperti Infografis, desain web, banner, bahkan cover buku juga bisa kalian buat lewat Canva.

Situs ini sangat terkenal, terutama untuk para pengguna Internet. Selain karena hasilnya yang bagus, namun juga karena cara kerja dari situs ini tidak sulit dan tidak ribet. Bahkan untuk kalian yang masih pemula dalam membuat desain, tidak akan kesulitan menggunakannya.

Ada banyak sekali template atau bakground bentuk yang bisa kalian gunakan di Canva. Di sini kalian hanya tinggal mengubah beberapa elemen seperti warna, teks, gaya dan pola desain yang kalian inginkan supaya sesuai dengan cover buku dan isinya yang sesuai keinginan kalian.

2. Fotor

fotor

Fotor ini juga merupakan salah satu situs untuk edit foto secara online terbaik. Selain sebagai situs edit foto, fotor ini ternyata juga memiliki fitur lain yaitu untuk membuat desain poster, kartu, sampul sosial media, dan sampul atau cover buku.

Nah, untuk fitur membuat cover buku, di sana ada banyak template dengan berbagai tampilan yang bisa kalian gunakan dengan berbagai jenis kategori. Yang mana setiap desain mempunyai perbedaan yang cukup mencolok sehingga sangat cocok untuk cerita-cerita yang kalian buat. 

Sedangkan untuk fitur editing, Fotor memiliki banyak sekali tools yang bisakalian gunakan di halaman khusus. Dengan tampilan yang menarik dan tidak ribet, kalian bisa langsung menggunakannya.

3. Snappa

snappa

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk membuat cover buku atau novel adalah Snappa, kalian bisa membuat cover buku secara online dengan aplikasi ini. Situs Snappa sendiri sangat terkenal dan merupakan salah satu penyedia editing grafis kerena terbaik yang ada di Internet.

Di Snappa ada banyak sekali template yang bisa kalian gunakan untuk membuat berbagai macam keperluan kalian. Salah satunya adalah pada kategori ebook yang sangat cocok digunakan untuk membuat cover dari novel atau buku kalian.

Sedangkan untuk desainnya sendiri dapat dibilang cukup lengkap. Karena di setiap template yang ada kalian bisa dengan bebas mengedit elemen-elemen yang ada, jadi kalian tidak perlu khawatir jika covernya kebetulan sama seperti cover milik orang lain.

4. LucidPress

lucidpress

Apabila kalian ingin membuat sebuah cover untuk novel / buku dengan desain yang elegan, maka kalian bisa mencoba menggunakan aplikasi / website LucidPress. Situs ini pertama kalian dirilis di tahun 2013.

Dan sekarang ini LucidPress sudah menjadi situs editing foto yang terkenal dan banyak orang yang memakainya. Situs ini sering digunakan terutama untuk keperluan membuat desain presentasi, majalah, poster, kartu nama, dan cover buku atau novel.

Figtur yang ada di situs ini ada banyak sekali template yang bisa kalian gunakan untuk membuat cover buku. Kalian juga bisa mengeditnya sesuka hati kalian. Contohnya seperti mengubah teks yaang ada, membuat bentuk yang baru, menambahkan foto, membuat tabel, dan sebagainya.

5. PosterMyWall

postermywall

Meskipun dalam nama ini terdapat kata “Poster”, namun website ini juga menyediakan fitur untuk membuat desain untuk cover buku atau novel kalian sendiri. Bahkan di PosterMyWall ini ada 740+ template yang bisa kalian gunakan untuk kalian edit kembali sesuai dengan kebutuhan kalian.

Fitur yang ada di dalamnya juga sangat menarik karena di situs ini kalian bisa mengubah hampir semua elemen yang ada di dalam template yang tersedia. Kalian bisa mengubah teks, menambah foto, layout, background, bahkan kalian juga bisa menambahkan video yang kalian inginkan.

Ada banyak desain template yang bisa kalian gunakan jadi kalian bisa menggunakannya sesuka kalian. Kalian juga tidak perlu khawatir kehabisan ide atau kesulitan dalam memilih mana desain yang paling cocok dengan isi dari novel atau buku yang kalian buat.

Kesimpulan

Nah itulah informasi singkat yang dapat saya sampaikan tentang situs atau aplikasi untuk membuat cover buku secara online dan gratis. Bagi kalian yang sedang bingung untuk membuat cover untuk buku atau novel yang kalian buat, kalian bisa coba gunakan salah satu aplikasi atau situs tersebut.

Namun selain kelima aplikasi yang sudah saya jelaskan di atas tadi, masih banyak aplikasi untuk membuat cover buku lain yang tidak kalah mudah digunakan dibanding aplikasi-aplikasi di atas tadi.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pembuat buku di atas kalian akan dimudahkan dalam membuat cover buku. Pembahasan di atas tadi lebih ditujukan untuk para pemula yang baru mulai edit mengedit atau belum paham tentang editing.

Demikianlah review aplikasi pembuat cover buku online yang bisa mastekno sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu kalian.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Aplikasi Nonton TV Online
Aplikasi Nonton TV Online
Oleh Shinta Marist
Aplikasi Penguat Sinyal
Aplikasi Penguat Sinyal
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Desain Rumah Android
Aplikasi Desain Rumah Android
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Tema SMS Android
Aplikasi Tema SMS Android
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Booking Hotel
Aplikasi Booking Hotel
Oleh Shinta Marist
Aplikasi Pembukuan
Aplikasi Pembukuan
Oleh Dimas Bimantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *