Aplikasi Launcher Android

By Mochamad Alif Prayogo-

Bagi kalian pengguna android pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya launcher, launcher adalah aplikasi tampilan grafis untuk antarmuka pengguna atau UI (User Interfaces) pada perangkat android.

Launcher mirip dengan tema pada android, hanya saja launcher bukan cuma mengubah tampilan atau walpaper, tapi juga menambah fitur-fitur tertentu yang tadinya tidak ada menjadi ada.

Android memang sudah memiliki tampilan bawaan yang cukup memuaskan menurut sebagian orang, tapi tak sedikit pula orang yang merasa tampilan bawaan android mereka jelek dan terkesan membosankan.

Bagi kalian yang merasa tampilan android kalian kurang menarik dan membosankan, kalian bisa mencoba menggunakan aplikasi launcher, dengan menggunakan aplikasi launcher, android kalian bisa berubah menjadi lebih menarik.

Dengan menggunakan aplikasi launcher, semua tampilan android kalian bisa berubah, mulai dari layar awal, wallpaper, folder, icon aplikasi, widget, sampai tampilan dock. Sebenarnya beberapa android sudah dibekali dengan launcher bawaan, tapi beberapa orang tidak puas dengan launcher bawaan tersebut.

Aplikasi Launcher Android Terbaik 2021

Bagi kalian yang tidak puas atau bosan dengan tampilan android kalian, kalian bisa mencoba beberapa aplikasi launcher android berikut ini, sehingga tampilan android kalian makin menarik dan makin kece.

1. Microsoft Launcher

microsoft launcher

Siapa sih yang gak kenal Microsoft? Microsoft merupakan perusahaan yang terkenal di dunia, pemilikinya pun merupakan orang yang paling kaya di dunia.

Bukan cuma meluncurkan sistem operasi Windows yang sangat terkenal, Microst juga meluncurkan sebuah launcher yang bernama Microsoft Launcher.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan dan masih belum lengkap, tapi bagi kalian yang suka mencoba sesuatu yang baru tidak ada salahnya mencoba launcher ini. Untuk kedepannya mungkin Microsoft akan terus mengupdate launcher ini agar lebih lengkap dan menarik.

2. Action Launcher

action launcher

Launcher yang kedua adalah Action Launcher, aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk Nova Launcher. Action Launcher memiliki fitur-fitur yang lumayan menarik, launcher ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh launcher-launcher lainnya.

Salah satau fitur dari Action Launcher yang cukup membantu adalah fitur cover, fitur ini memungkinkan kalian membuka aplikasi awal dalam suatu folder tanpa perlu membuka foldernya terlebih dahulu.

Selain fitur cover, Action Launcher juga punya fitur Quick Drawer, dengan fitur ini kalian jadi punya sebuah penarik tambahan yang berada di sisi Home screen.

Menggunakan Action Launcher merupakan pilihan yang tepat untuk kalian para pengguna geeky dan nerdy yang sangat gemar mengkostumisasi tampilan android kalian.

3. Nova Launcher

nova launcher

Launcher yang ketiga saya sarankan untuk kalian adalah Nova Launcher, mungkin kalian pernah atau sering mendengar aplikasi ini. Menurut saya aplikasi ini lumayan terkenal.

Lumayan banyak teman saya yang menggunakan launcher ini, saya sendiri juga pernah menggunakan launcher ini. Tampilan dari Nova Launcher sangat menarik, kalian bisa ubah ikon dari folder dan app kalian dengan cara mendownload icon pack.

Selain membuat tampilan yang menarik, dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa memunculkan fitur-fitur tambahan pada android kalian, fitur-fitur ini akan membantu dan memudahkan kalian dalam mengakses sesuatu.

Fitur-fitur pada Nova Launcher terbilan cukup lengkap, selain bisa mengubah icon app, kalian juga bisa mengubah ukuran icon dan teks sesuai kemauan kalian.

4. ADW Launcher 2

adw launcher

Jika dilihat-lihat, mungkin launcher ini kurang menarik, tapi jangan salah, jika di kostumisasi dan disesuaikan, ADW Launcher 2 bisa terlihat menarik.

Aplikasi ADW Launcher dulunya pernah ditinggalkan oleh pembuatnya, tapi untungnya aplikasi ini mendapat dukungan kembali dan kembali hadir dengan versi yang lebih baru, dan fitur-fitur yang lebih menarik.

Dengan menggunakan ADW Launcher 2 ini, kalian bisa mengubah keseluruhan tampilan dan fitur android kalian secara lengkap dan detail.

Salah satunya adalah kamu bisa ganti atau mengedit shadow pada icon app kalian, kalian juga bisa mengubah font yang kalian pakai sesuai keinginan kalian.

Launcher ini merupakan peluncur yang ringan dan sangat cocok untuk android yang speknya tidak terlalu bagus.

5. Smart Launcher

smart launcher

Jika dibandingkan dengan launcher-launcher yang lain, Smart Launcher adalah laucnher yang paling menarik. Mengapa menarik?.

Karena launcher ini memiliki fitur yang unik yaitu fitur Prediction Bar, yaitu sebuah dock, dimana dock itu berisi aplikasi-aplikasi yang disesuaikan dengan selera pengguna di waktu dan tempat yang berbeda. Menarik bukan?

Selain fitur Prediction Bar, launcher ini juga memiliki fitur pencarian yang Universal, dimana kalian bisa mencari berbagai macam hal baik itu file, app, data, kontak, app di playstore dan lainnya dalam satu kotak pencarian yang disediakan oleh launcher ini.

Tampilan launcher ini juga tidak kalah dengan launcher-launcher lainnya, selain tampilan yang bagus, launcher ini juga mudah digunakan.

6. xOS Launcher

kumpulan launcher android agar mirip iOS

Untuk yang pertama kami akan merekomendasikan xOS Launcher. Menghadirkan berbagai fitur menarik, launcher yang satu ini akan membantu kalian mempercantik tampilan smartphone.

Ada berbagai jenis tema dan juga widget yang bisa digunakan untuk membuat tampilan homescreen menjadi lebih keren. Selain itu juga ada beberapa efek yang bisa kalian coba sendiri.

7. Launcher for Phone 7 & Plus

kumpulan launcher android agar mirip iOS

Ingin merasakan tampilan iPhone tapi hanya punya android? Maka launcher yang satu ini adalah solusinya. Ia akan memberikan kalian tampilan serupa dengan yang ada di iPhone.

Ada banyak fitur untuk mengubah tampilan homescreen. Beberapa efek transisi, ikon aplikasi dan juga tema keren bisa kalian coba sendiri. Tertarik untuk mencoba?.

8. One Launcher

kumpulan launcher android agar mirip iOS

Selanjutnya masih ada sebuah aplikasi launcher yang menghadirkan tampilan layaknya iPhone. Tak perlu khawatir, APK yng satu ini sangat ringan untuk dijalankan sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone.

Meski tergolong ringan, fitur yang dihadirkan sangatlah lengkap mulai dari efek, tema maupun widget yang semuanya keren. Tertarik untuk mencoba?.

9. Clean UI

kumpulan launcher android agar mirip iOS

Masih launcher yang memberikan tampilan serupa dengan iOS. Namun Clean UI ini lebih fokus pada tampilan yang sederhana dan minimalis.

Akan tetapi kalian tidak perlu meragukan fitur serta tampilan yang dihadirkan.

Dengan berbagai jenis tema, wallpaper, widget yang keren, kalian bisa mempercantik tampilan homescreen android dengan mudah. Tertarik untuk mencoba?.

10. OS Launcher 2017

kumpulan launcher android agar mirip iOS

Untuk yang terakhir ini juga tidak kalah dari launcher yang sebelumnya. Memberikan fitur untuk membuat tampilan homescreen android menjadi layaknya iOS, launcher ini sangat wajib dicoba.

Ada berbagai pilihan tema, ikon maupun widget yang semuanya keren serta bagus.

Selain itu juga terdapat fitur untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dari tampilannya. Tertarik untuk mencoba?.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi launcher-launcher yang tidak kalah menarik dengan launcher-launcher diatas, karena selera orang beda-beda maka ada berbagai jenis launcher, kita tinggal mencari di playstore dengan kata kunci “launcher “maka akan muncul hasil yang sangat banyak.

Semua itu terserah kalian mau pakai launcher yang mana, pakailah launcher yang menurut kalian paling bagus dan ringan, supaya tampilan android kalian semakin menarik tanpa membebani android kalian. Sayangilah androidmu dan buatlah semenarik mungkin.

Demikian aplikasi launcher android terbaik yang bisa saya share. Jika memiliki pertanyaan seputar artikel diatas. Bisa kirimkan melalui kolom komentar yang ada.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Aplikasi Pembersih RAM Android
Aplikasi Pembersih RAM Android
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Antivirus Android
Aplikasi Antivirus Android
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pembersih Sampah Android
Aplikasi Pembersih Sampah Android
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Screenshot Android
Aplikasi Screenshot Android
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Kasir di Android
Aplikasi Kasir di Android
Oleh Danang Febriyandra
Aplikasi Mempercepat HP Android
Aplikasi Mempercepat HP Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *