Aplikasi Text Editor Laptop PC

By Hasif Priyambudi-

Dalam kegiatan coding, text editor ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi para programmer agar cepat menyelesaikan project-nya.

leh karena itu, sebuah Text Editor juga sangat berpengaruh bagi para programemer dalam membuat sebuah program.

Ada banyak sekali Text Editor untuk laptop dan komputer , mulai dari yang berbayar dan juga gratis. Tapi kali ini saya akan membahas yang gratis saja.

Baca juga: Aplikasi Teks Editor Android.

Aplikasi Text Editor di Komputer & Laptop

Di dalam sebuah Aplikasi Text Editor, biasanya terdapat berbagai fitur-fitur umum seperti search, Replace Syntax, Code folding, line number, snippet, Syntax highlighting dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah 5 Aplikasi Text Editor Paling Recomended untuk kamu coba.

1. Sublime Text

daftar aplikasi text editor untuk coding terbaik di pc dan laptop

Aplikasi Coding di Pc Laptop Paling Ringan yang pertama adalah Sublime Text. Tampilan pada text editor ini sangat dinamis dan memiliki banyak fitur.

Hal ini membuat sublime text menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Software ini juga dapat di instal di berbagai platform yang berbeda, seperti Linux Windows dan Mac Os.

Text editor ini juga bisa kalian gunakan secara gratis, tapi untuk mengakses full fitur nya maka harus membeli lisensi. Kalian bisa mendownload aplikasi ini di situs resminya atau lewat link berikut.

2. Notepad++

daftar aplikasi text editor codingterbaik pc gratis untuk pemula

Aplikasi Coding di Pc Laptop Paling Ringan kedua adalah Notepad++. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini.

Bagi saya sendiri, ini adalah aplikasi text editor pertama yang saya gunakan dalam menunjang kegiatan coding.

Meskipun namanya hampir sama dengan notepad tapi fitur ditawarkan text editor notepad ++ ini sangat lengkap.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan, itulah mengapa text editor ini populer di kalangan para programmer.

Aplikasi ini juga dibagikan secara gratis di situs web resminya yaitu Notepad++. Tapi sayangnya aplikasi ini hanya disediakan untuk sistem operasi Windows saja.

3. Atom

daftar aplikasi text editor terbaik untuk coding pc dan laptop

Untuk yang selanjunya kami akan merekomendasikan Atom. Aplikasi ini terkenal di kalangan programmer karena aplikasi yang satu ini memiliki beberapa fitur menarik dibandingkan dengan aplikasi text editor yang lain.

Fitur andalahnnya seperti fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini juga support di berbagai platform berbeda seperti windows, Mac OS dan linux.

Tampilan pada aplikasi text editor ini juga sangat dinamis, kalian bisa mendownload text editor ini di website resminya atau bisa juga lewat link berikut ini.

4. UltraEdit

daftar aplikasi text editor terbaik untuk coding pc dan laptop

Aplikasi Coding di Pc Laptop Paling Ringan keempat adalah Ultraedit, aplikasi text editor ini support untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah mulitiline find and replace, large file handling, syntax highlighting, unicode support, disk based text editing dan masih banyak lagi lainnya.

Kalian bisa mendownload text editor ini di situs resminya yaitu UltraEdit atau bisa lewat link berikut ini.

5. Komodo Edit

Daftar 5 Aplikasi Coding di Pc Laptop Paling Ringan-4

Nah yang terakhir mungkin kalian bisa mencoba Komodo Edit. Pada text editor ini kalian bisa memilih tema untuk tampilan interfacenya. Ia juga sudah support terhadap sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

Selain itu Komodo Edit juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti pyton, ruby, perl sql, css, php dan masih banyak lagi lainnya.

6. BlueFish

bluefish

BlueFish adalah sebuah aplikasi teks editor yang bisa digunkan di Windows, Linux, dan Mac OS. Meskipun begitu, aplikasi ini lebih optimal jika digunakan di sistem operasi Linux.

BlueFish ini sangat ringan, meski ringan aplikasi ini bisa kamu pakai untuk menangani file dengan ukuran yang cukup besar namun secara berkala sehingga kecepatan pemrosesannya tetap stabil.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini seperti pencarian, penambahan tabel, format baris kode, dan sebagainya. Ada juga fitur snippet yang bisa menambah produktivitas kita.

7. Vim

vim

Vim merupakan aplikasi teks editor yang sudah ada cukup lama dan menjadi salah satu teks editor terbaik sampai sekarang ini. Jika kalian pengguna Linux tentu sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

Karena Vim adalah aplikasi text editor bawaan dari Linux yang digunakan untuk mengedit dan membuka baris kode dalam file. Tampilan dari aplikasi Vim ini sangat sederhana.

Namun untuk masalah kecepatan, Vim tidak perlu dipertanyakan lagi. Vim menjadi salah satu text editor terbaik dan sangat ringan digunakan.

8. Emacs

emacs

Aplikasi text editor yang selanjutnya adalah Emacs, yaitu teks editor yang sangat populer bagi pengguna Linux. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1976 oleh GNU Project.

Aplikasi ini ditulis menggunakan Lips dan bahasa C. Namun meskipun begitu, emacs memiliki fitur yang ukup banyak seperti tampilan berita, email, dan debugger.

Yang membuat aplikasi ini adalah terdapat file manager yang bisa kamu pakai untuk bermain tetris. Selain itu Vim juga sudah mendukung bzr, git, hg, subversion, dan sebagainya.

9. Geany

geany

Apabila di Widows ada Notepad++, maka di Linux ada Geany. Aplikasi ini adalah text editor alternatif untuk Linux. Geany adalah sebuah aplikasi text editor yang sangat ringan sama seperti Notepad++.

Karena aplikasi ini hanya membutuhkan GTK+ untuk menjalankannya. Namun meski aplikasinya ringan, ada banyak fitur yang bisa kamu pakai.

Contohnya adalah code folding, syntax highlighting, autocompletion programming, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga sudah mendukung bahasa C, Java, HTML, PHP, Python, dan lain sebagainya.

10. Brackets

brackets

Bagi kamu yang merupakan seorang desainer web tentu sudah tahu tentang Brackets. Brackets ini adalah text editor terbaik khusus untuk mendesain web.

Kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang modern dan terlihat bersih. Brackets ini juga mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

Fitur menarik yang ada di aplikasi ini adalah highlighting, keyboards shortcut, dan mode non-distraction. Selain itu, di aplikasi ini juga memiliki split screen untuk mengedit beberapa dokumen sekaligus.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengedit teks, baik itu di Windows, Linux, ataupun Mac OS. Kalian bisa menggunakan salah satu rekomendasi di atas tadi.

Nah, itulah Daftar 5 Aplikasi Coding di Pc Laptop Paling Ringan. Kalian bisa mencoba beberapa software diatas untuk menunjang kegiatan programming. Jika kalian mempunyai rekomendasi text editor lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Yogyakarta, lebih suka dunia komputer, pemrograman dan aplikasi android.

Artikel Terkait

Aplikasi Desain Logo di Laptop
Aplikasi Desain Logo di Laptop
Oleh Shinta Marist
Aplikasi Alternatif Microsoft Word
Aplikasi Alternatif Microsoft Word
Oleh Danang Febriyandra
Aplikasi VPN Laptop PC
Aplikasi VPN Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Pemutar Musik Laptop PC
Aplikasi Pemutar Musik Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Aplikasi Driver Laptop PC
Aplikasi Driver Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi DJ Laptop
Aplikasi DJ Laptop
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *