Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Android

By

aplikasi belajar bahasa jepang di android

Jepang merupakan negara maju di asia, dengan berbagai kemajuan teknologi yang membuat dunia tertuju pada jepang. Tak hanya teknologinya yang maju, budaya jepang cukup unik. Sebenarnya indonesia tak kalah unik, cuman kurang sepopuler jepang.

Nah membahas soal jepang, ternyata bahasa jepang bisa kita pelajari. Pada saat ini bahasa Jepang memang sudah menjadi bahasa yang sangat penting selain bahasa Inggris. Namun ternyata khusus bahasa Jepang sendiri sangatlah mahal, dan tentu saja tidak mudah untuk mempelajarinya.

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di HP Android

Maka dari itu untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jepang, kamu dapat menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang seperti berikut ini yang dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

1. LingoDeer

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Aplikasi untuk belajar bahasa Jepang yang pertama yaitu LengoDeer. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berisik panduan belajar bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan secara online.

Aplikasi ini mirip sekali dengan buku serta sangat mudah untuk digunakan dan dipahami bagi para pemula sekalipun yang baru belajar bahasa Jepang.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Bahasa Kora.

Aplikasi yang satu ini menyediakan panduan belajar bahasa Jepang mulai dari level terendah hingga level tertinggi supaya kamu dapat belajar bahasa Jepang dengan lebih terstruktur.

Terdapat beberapa bagian dari aplikasi belajar bahasa Jepang ini seperti penataan bahasa atau tata bahasa, struktur, dan kosakata.

Untuk para pemula yang baru memulai belajar bahasa Jepang, aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengenalkan diri kamu dalam bahasa Jepang.

Setelah itu, kamu juga dapat memilih belajar ke tahap selanjutnya seperti bagaimana menggunakan kalimat ekspresi dan lain sebagainya. Aplikasi ini banyak sekali digunakan, terbukti bahwa aplikasi ini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

2. Obenkyo

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Aplikasi belajar bahasa Jepang berikutnya yaitu aplikasi Obenkyo. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi besutan developer Atomusk dan telah di unduh hingga 1 juta kali pada Play Store. Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti :

  1. Hiragana – fitur yang berisi daftar huruf hiragana serta stroke folder.
  2. Numbers – fitur ini digunakan untuk mempelajari angka dari huruf hiragana dan katakana (dalam Kanji)
  3. Katakana – fitur ini mengajarkan cara menulis huruf katakana dengan stroke order.
  4. Vocabulary – fitur kosakata yang dapat kamu hafalkan berdasarkan tingkat JLPT dari android.
  5. Kanji – fitur daftarkan di yang dipisahkan dalam beberapa lesson JLPT lengkap dengan stroke order.
  6. Particles – fitur kata hubung yang sering digunakan dalam bahasa Jepang.

Terdapat dua pilihan tema yang dapat kamu gunakan dalam aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini. Yaitu tema bright atau terang dan tema dark atau gelap.

3. Learn Japanese Free

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Tidak perlu membayar kursus bahasa Jepang yang mahal untuk dapat berbicara bahasa Jepang dengan lancar.

Kamu dapat menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang yang bernama Learning Japanese Free untuk dapat mempraktekkan dan juga mengatakan setiap kata dalam bahasa Jepang.

Aplikasi besutan developer Sagetsang ini sangatlah membantu kamu dalam mengucapkan kata dalam bahasa Jepang seperti tanggal, jumlah, dan waktu.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini yaitu pembelajaran setiap kata didalamnya sangat banyak. Pada aplikasi ini, kamu juga dapat belajar bahasa Jepang dengan mengikuti berapa kuis yang telah disediakan.

Pada aplikasi ini lebih memberikan contoh percakapan dalam bahasa Jepang dan dapat memberikan 16 topik yang berbeda untuk kamu.

Jadi kamu bisa mendapatkan hingga 2000 contoh percakapan dalam bahasa Jepang yang nantinya dapat menjadi contoh untuk kamu. Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini banyak sekali digunakan, terbukti dengan lebih dari 1 kali juta unduhan di Google Play Store.

4. Bunpo

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

NihoungUp pada saat ini memang sudah menjadi sebuah group yang besar khususnya dalam bidang belajar bahasa je Jepang pang secara online.

Maka dari itu kamu dapat berinteraksi dengan komunitas yang bisa jadi terdapat orang Jepang di dalamnya. NihoungUp merupakan sebuah game edukasi yang menggunakan teknologi Adobe AIR.

Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini compatible dengan beberapa perangkat seperti Microsoft Windows, Mac OS, Linux, Android, iPhone, Windows Phone 7.

Aplikasi dapat menjadi pilihan ketika kamu ingin mengikuti tes resmi JLPT atau TOEFL dalam bahasa Jepang. Namun kamu memerlukan koleksi internet supaya dapat menggunakan aplikasi ini.

Banyak sekali fitur yang tersedia pada aplikasi ini salah satunya yaitu fitur untuk menunjukkan kosakata dan bahasanya. Walaupun memiliki pilihan kosakata yang banyak, namun kamu dapat memilih tahapan grade di dalam aplikasi ini sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

5. ColorDict

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini lebih tepatnya sebuah aplikasi yang berisi kamus bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan sewaktu-waktu baik online maupun offline.

Kamu dapat belajar bahasa Inggris ke bahasa Jepang maupun bahasa Jepang ke bahasa Inggris. Cara menggunakannya pun cukup mudah, karena kamu hanya perlu melihat beberapa panduan untuk menulis dengan huruf Kanji.

Apabila kamu ingin mempelajari huruf dalam bahasa jepang, maka kamu dapat memilih aplikasi ini untuk belajar menulis huruf dalam bahasa Jepang.

Pada aplikasi ini kamu juga dapat belajar mengenai tata cara bahasa Jepang yang benar. Aplikasi belajar bahasa jepang yang satu ini memiliki banyak sekali pengguna terbukti dengan lebih dari 5 juta kali unduhan di Google Play Store.

6. Belajar Bahasa Jepang

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Mungkin aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini terdengar masih asing di telinga orang-orang karena jarang sekali digunakan.

Aplikasi ini dapat kampung gunakan pada smartphone android kamu untuk memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Jepang dengan mudah.

Terdapat 15 materi yang disediakan oleh aplikasi ini. Salah satunya yaitu partikel dasar bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari.

Jadi untuk kamu yang masih mempelajari bahasa Jepang dari tahap awal, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Jepang.

Karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer dalam mendampingi kamu yang ingin fasih berbahasa Jepang. Selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat menarik.

Apabila kamu memiliki keterbatasan mengenai struktur bahasa, maka aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengatasi permasalahan kamu.

Adanya navigasi yang ada, membuat setiap tahapan pembelajaran kosakata dan frasa kalimat menjadi lebih mudah di hafalkan. Sehingga kamu dapat mengikutinya dengan mudah.

7. Modul Bahasa Jepang

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa Jepang hanya dengan menggunakan smartphone kamu saja.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah walaupun untuk para pemula sekalipun. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu kamu dapat menggunakannya secara offline.

Aplikasi yang satu ini dapat dibilang sebagai aplikasi yang dapat kamu coba pada android yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Jepang.

Aplikasi besutan developer Circlebit Lab ini menyediakan materi yang dapat dibilang cukup lengkap untuk belajar bahasa Jepang.

Mulai dari belajar Katakana, Hiragana, hingga Kanji. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi bagaimana mengucapkan kata tersebut dalam sehari – hari.

8. Learn Japanese 6,000 Words

8 aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android

Aplikasi belajar bahasa Jepang terakhir yaitu aplikasi Learn Japanese 6,000 Words. Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar bahasa Jepang yang paling populer di Google Play Store pada saat ini.

Dengan adanya bantuan gambar, maka aplikasi  ini dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang agar lebih mudah. Bahkan kamu juga dapat mendengarkan lafaln kata yang baik dan benar yang diucapkan oleh native speaker.

9. Bravo Language

Aplikasi pertama yang saya sarankan adalah Bravo Language. Aplikasi ini memiliki fitur yang banyak dan juga menarik. Dalam pembelajaran di aplikasi ini kita akan ditemani oleh burung beo yang berbicara bahasa jepang atau bisa kita sebut dengan ( guru virtual ).

Fitur menarik lainnya yang ada didalam aplikasi ini adalah saat kita belajar bahasa jepang dasar.

Di aplikasi ini kita juga bisa menggunakannya sebagai phrasebook selain itu di setiap pelajaran ada pembelajaran mengenai bagaimana mengucapkan bacaan bahasa jepang yang baik dan benar.

10. SakuJapan

SakuJapan merupakan aplikasi yang saya rekomendasikan berikutnya bagi kalian yang ingin belajar bahasa jepang. Di aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang bisa kita gunakan supaya belajar bahasa jepang bisa lebih menarik lagi.

Fitur menariknya antara lain adalah adanya kalimat umum, nama hewan, angka dalam bahasa jepang, serta kosakata bahasa jepang.

Tak juga ketinggalan ada sebuah game di aplikasi ini untuk kalian yang sudah merasa jenuh dalam belajar bahasa jepang. Aplikasi milik Yongkru ini merupakan aplikasi yang sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar bahasa jepang dengan mudah.

11. Drops

Selain aplikasi diatas, aplikasi Drops juga menyediakan game di aplikasi nya dengan tujuan agar pengguna tidak cepat merasa bosan saat belajar bahasa jepang.

Di aplikasi ini kita bisa belajar setiap harinya dalam waktu 5 menit selain itu aplikasi ini lebih menitikberatkan kepada kalimat dan kosakata daripada grammarnya ( tata bahasa ).

12. Hello Talk

Dalam belajar bahasa jepang di aplikasi hello talk kalian akan diminta untuk mencari partner belajar terlebih dahulu barulah setelah dirasa sudah pas kalian akan belajar bahasa jepang melalui fitur chat yang sudah disediakan.

Selain chat disini juga disediakan fitur voice note sehingga bisa digunakan untuk belajar bahasa jepang di grammarnya sehingga belajar bahasa jepang akan terasa lebih mengasyikan.

13. Memory Hint: Hiragana

Sesuai dengan namanya aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk belajar bahasa jepang khususnya belajar huruf hiragana. Bagi kalian yang masih pemula dalam belajar huruf hiragana aplikasi ini bisa menjadi solusinya.

Di dalam aplikasi ini kalian bisa belajar huruf hiragana dengan mudah karena pembelajaran yang diberikan mudah diserap. Selain itu kita bisa juga belajar hiragana dengan media suara dan bisa juga gambar.

14. Tandem

Secara konsep aplikasi ini memiliki system yang sama dengan HelloTalk yaitu kalian harus mencari partner untuk samasama belajar tentang bahasa jepang.

Di dalam pembelajaran chat sudah dilengkapi fitur untuk chatting, voice note, kirim video audio dan gambar. Sehingga saya jamin proses belajar kalian akan terasa lebih menyenangkan.

Selain fitur diatas di Tandem juga disediakan ada 150 bahasa yang ditambah dengan 2500 bahasa. Sehingga aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar bahasa jepang dengan lebih seru dan tidak cepat bosan.

15. Mondly

Mondly merupakan aplikasi belajar bahasa jepang yang tidak kalah seru untuk kalian coba. Aplikasi ini memberikan fitur fitur yang menarik sehingga kalian dijamin tidak akan bosan dalam menggunakannya.

Fitur yang diberikan oleh Mondly juga terbilang cukup menarik, fitur menarik tersebut antara lain adalah kalian bisa mendapatkan pelajaran hariam dan banyak kosakata yang bisa kalian peroleh di aplikasi ini.

Selain fitur diatas kalian juga bisa mendapatkan fitur quick session dan speech recognition. Quick session berarti kalian akan mendapatkan sesi pembelajaran singkat sedangkan speech recognition berarti kalian bisa melatih pengucapan kalian di dalam bahasa jepang.

16. Kanji Senpai

Aplikasi ini memiliki kegunaan untuk kita lebih memperdalam belajar huruf kanji. Sesuai dengan namanya, kanji senpai memiliki kegunaan untuk belajar huruf kanji dengan lebih mudah dan pembelajaran sudah dikemas dengan sangat menarik.

Di aplikasi ini kita dapat merangkai, membaca, dan menulis huruf kanji. Selain itu setiap sesi pembelajaran di aplikasi ini tidak mewajibkan kalian untuk menggunakan headphone ini menjadi keloebihan kalian jika ingin belajar namun berada di tempat umum kalian tidak perlu repot repot membawa headphone.

Fitur lain yang menjadikan aplikasi ini menarik adalah selain bisa belajar huruf kanji kita juga bisa mendapatkan banyak kosakata bahasa jepang di aplikasi ini.

Kesimpulan

Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai aplikasi belajar bahasa jepang terbaik android yang dapat kamu coba. Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi belajar bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan dan temukan di Google play store.

Namun, di sini mastekno hanya memberikan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik menurut kami saja. Selamat belajar dan semoga bermanfaat serta membantu.


Adi Pamungkas Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *