Cara Aktivasi Windows 8

By Danang Febriyandra -

Microsoft biasanya memberikan masa trial terlebih dahulu kepada para penggunanya. Akan tetapi, tentu ada banyak fitur yang tidak bisa kita dapatkan di versi trial ini. Dan ketika periode trial telah habis, maka kita harus segera membeli lisensi agar bisa melakukan aktivasi secara penuh.

Namun tentu sudah sifat alami manusia untuk mencari cara termudah untuk suatu masalah. Tak berbeda dengan yang satu ini, dimana pasti ada yang ingin cara aktivasi sistem operasi windows secara gratis tanpa harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Cara Aktivasi Windows 8 Gratis

Namun jangan khawatir, Bagi yang tidak punya budget untuk dialokasikan ke OS original, ada beberapa tips yang bisa dipakai. Dengan begitu kita bisa mengaktivasi OS Windows secara gratis dan permanen untuk selamanya.

1. KMSpico

Untuk bisa mengaktifkan windows tanpa lisensi sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Karena hanya dengan memanfaatkan software seperti KMSpico, kita bisa melakukannya dengan mudah. Mau tahu caranya kan? Langsung simak tutorialnya berikut ini.

Cara Aktivasi Windows 8 Gratis
  1. Pertama, kalian download dulu KMSpico, namun jangan diinstall dulu karena ada hal yang harus kita lakukan sebelum memasangnya di PC/laptop.
  2. Setelah itu, kalian matikan dulu proteksi antivirus di komputer kalian. Kenapa? Karena software ini biasanya akan terdeteksi sebagai ancaman oleh antivirus, namun faktanya ia sangat aman untuk digunakan.
  3. Sekarang waktunya untuk menginstall software KMSpico tadi di PC atau laptop. Tinggal extract saja filenya kemudian klik kanan dan Run as Administrator.
  4. Jika sudah terinstall, kalian bisa langsung buka aplikasinya. Nah pada pada tampilan awal akan sangat sederhana. Untuk mengaktifkan windows 8, kita hanya perlu mengklik pada tombol merah yang ada disana.
  5. Selanjutnya aplikasi akan mulai bekerja dan melakukan aktivasi. Silahkan tunggu saja prosesnya hingga selesai, tidak akan terlalu lama.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10.

2. KMSAuto Net

Tips yang selanjutnya ini juga tak berbeda jauh dengan yang sebelumnya. Dimana kita bisa menggunakan sebuah software yang mampu mempermudah proses aktivasi windows hanya dalam beberapa langkah. Penasaran? Langsung saja kita cek tutorialnya.

Cara Aktivasi Windows 8 Gratis
  1. Seperti biasa, kita unduh terlebih dahulu aplikasi yang akan dipakai nantinya. Silahkan download melalui website official KMS lewat link di bawah ini.
  2. Nah jika sudah, kita matikan terlebih dulu semua antivirus baik bawaan maupun software pihak ketiga di perangkat kita. Alasannya masih sama agar aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar tanpa diblock oleh antivirus tersebut.
  3. Jika sudah, ekstrak file yang tadi kita download kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator. Lakukan proses instalasi seperti biasanya.
  4. Setelah terpasang, buka softwarenya. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, cukup klik Activation kemudian pilih Activate Windows.
  5. Nah disini aplikasi sudah berjalan secara otomatis untuk melakukan proses aktivasi windows 8 dan 8.1
Cara Aktivasi Windows 8 Gratis

Kita hanya perlu menunggu prosesnya hingga selesai saja dan pasti nanti OS kalian sudah teraktivasi dengan sempurna.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 7

3. Aktivasi Windows 8.1 Secara Offline

Bagi kalian yang menggunakan windows 8.1, maka bisa mencoba tips yang satu ini. Ada sebuah software khusus yang dibuat untuk mengaktivasi semua edisi win 8.1 secara gratis. Jika penasaran, langsung masuk saja ke tutorialnya.

Kita persiapkan terlebih dahulu software yang dibutuhkan bisa kalian download melalui link di bawah. Di dalamnya ada 2 jenis software, pilih x86 jika windows kalian versi 32 bit. Atau pilih x64 jika kalian menggunakan versi 64 bit.

  • Jika sudah, silahkan pilih salah satu sesuai versi sistem operasi perangkat kalian dan Run as Administrator.
  • Silahkan pilih edisi windows 8.1 yang kalian pakai. Setelah itu klik opsi Install Activation dan OK.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, jika muncul permintaan sign out klik saja OK.
  • Biasanya PC akan melakukan restart secara otomatis, atau kalian juga bisa reboot secara manual.
  • Untuk mengecek apakah sudah diaktivasi, silahkan buka CMD kemudian ketik slmgr/xpr kemudian Enter.
  • Akan muncul pesan yang menunjukkan status aktivasi dari OS Windows yang kalian gunakan.

4. Aktivasi Windows 8/8.1 Tanpa Software

Untuk cara yang terakhir kita tak memerlukan aplikasi tambahan. Dimana kita akan langsung melakukan proses aktivasinya secara manual menggunakan license key. Bagaimana caranya?

Cara Aktivasi Windows 8 Gratis
  1. Silahkan kalian pilih salah satu License Key Windows 8 atau 8.1 di link berikut ini.
  2. Apabila sudah, kalian tekan tombol windows + R atau klik start kemudian ketik slui.exe 3 dan tekan enter.
  3. Nah setelah itu akan muncul jendela untuk pergantian windows key. Silahkan kalian masukkan product key yang telah dicatat sebelumnya.
Cara Aktivasi Windows 8 Gratis

Secara otomatis windows akan teraktivasi dan menjadi full version. Mudah bangetkan.

Penutup

Demikian sedikit tips trik untuk melakukan aktivasi windows 8 dan 8.1 secara gratis secara permanen. Bagi yang belum punya uang untuk membeli lisensinya originalnya, bisa langsung praktekkan tutorial diatas. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Install Android di PC Laptop
Cara Install Android di PC Laptop
Oleh Hanif Pramono
Cara Membuat Jadwal Download Otomatis IDM
Cara Membuat Jadwal Download Otomatis IDM
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi Baterai Laptop Silang Merah
Cara Mengatasi Baterai Laptop Silang Merah
Oleh Danang Febriyandra
Cara Melihat Bit PC Laptop
Cara Melihat Bit PC Laptop
Oleh Hanif Pramono
Cara Mematikan Antivirus Avast
Cara Mematikan Antivirus Avast
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengatasi Page Unresponsive
Cara Mengatasi Page Unresponsive
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *